Pimpin Apel Harhubnas, Menhub Budi Karya Sumadi Tampil dengan Busana Adat Banjar

0

MENTERI Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, tampak tampil berbeda dari karena mengenakan baju adat Banjar saat memimpin apel Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di Jakarta, pada 17 September 2020 tadi.

PEMAKAIAN busana adat nusantara saat peringatan Harhubnas yang jatuh setiap tanggal 17 September itu memang rutin dilaksanakan. Namun, ini merupakan kali pertama baju adat Banjar diperkenalkan.

Baju yang dikenakan Budi Karya Sumadi, dikenal dengan nama Baju Kubaya Panjang. Baju ini merupakan pakaian adat Banjar pengembangan dari pakaian adat Baamar Galung Pancar Matahari, Babaju Kun Galung Pacinan dan Bagajah Gamuling Baular Lulut.

Meski ada sentuhan modern, baju adat ini tidak melupakan nilai-nilai budaya maupun keindahan alami dari pakaian adat.

BACA JUGA: Rumah Adat Banjar yang Kini Berada di Persimpangan Jalan

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina pun secara khusus memberikan apresiasi kepada Budi Karya Sumadi dan jajaran Kemenhub.

“Masya Allah, bangga sekali kami warga Banjarmasin. Salam hormat dari Banjarmasin, kota seribu sungai,” katanya, saat mengetahui Menhub berserta istri berpose mengenakan pakaian adat Banjar, Senin (21/09).

BACA JUGA: BPCB Kaltim Lakukan Observasi Rumah Adat Banjar di Balangan

Kebijakan penggunaan pakaian adat oleh ASN di lingkungan Kemenhub tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 19 Tahun 2019, tentang Pakaian Dinas Pegawai Kementerian Perhubungan.

Pemakaian busana adat nusantara saat peringatan Harhubnas yang setiap tanggal 17 September dilaksanakan jajaran Kemenhub RI, dimaksudkan sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan kesadaran akan keberagaman budaya Indonesia. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.