Pesan Ibnu Sina di World Cleanup Day: Sungai Mampet adalah Masa Lalu Kita

0

WALIKOTA Banjarmasin, Ibnu Sina, berpesan kepada seluruh warga agar sama-sama menjaga kebersihan sungai sebagai kearifan lokal asli kota ini. Ia pun tak ingin Banjarmasin hanya sekadar punya julukan Seribu Sungai.

SUNGAI mampet adalah bagian dari masa lalu kita. Masa depan kita ada di sungai bersih yang aktif. Itu harapannya,” kata Ibnu Sina, Sabtu (19/9/2020).

Atas dasar itu, kesadaran warga bantaran terus dibangkitkan untuk memelihara sungai. Salah satunya dengan melalui ajang lomba. Yang mana bertepatan dengan momentum Hari Bersih-bersih Sedunia atau World Cleanup Day 2020.

Berbarengan dengan aksi cleanup yang dilaksanakan serentak pada 19 September 2020, Lomba Maharagu (memelihara) Sungai diinisiasi Dinas Lingkungkan Hidup (DLH) Banjarmasin digeber.

Di Banjarmasin ada 15 sungai yang dilombakan. Di mana masing-masing kecamatan mencatat tiga sungai.

BACA JUGA: Susuri Sungai Martapura, Duet Ibnu-Arifin Deklarasi Koalisi Baiman Jilid Dua

Salah satunya di Sungai Tungku di Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, yang dibersihkan warga sekitar. Sambil menggunakan perahu, sampah-sampah yang ada di sungai diangkat kedarat.

“Karena memang sungai biasanya dibagian belakang. Sehingga menjadi tempat sampah raksasa yang kemudian sangat sulit dibenahi jika tak ada kesadaran dari warga,” ucap Ibnu.

Orang nomor satu di Banjarmasin ini berharap kedepan tak ada lagi sungai tersumbat apalagi sampai mati akibat tumpukan sampah. 

Melalui lomba ini juga diharapkan bisa membangkitkan kembali kepedulian warga khususnya bantaran sungai untuk terus menjaga kebersihan sungai itu sendiri.

“Walaupun ada rentang waktu dari Lomba Meharagu Sungai ini, tapi paling tidak ini inisiatif. Sangat positif agar sungai kita bisa terjaga dan terpelihara,” tambahnya.

BACA JUGA: Hitam Pekat dan Bau Tak Sedap, Sungai Teluk Dalam Riwayatmu Kini

Sementara Kepala DLH Banjarmasin, Mukhyar mengungkapkan, 15 sungai yang dilombakan yakni Sungai Tapis, Sungai Tungku, dan Sungai Kurir di wilayah Banjarmasin Utara.

Di Banjarmasin Timur ada Sungai Pekapuran, Sungai Guring, dan Sungai Simpang Limau. Kemudian Banjarmasin Selatan Sungai Antasa Segera, Sungai Skip, dan Sungai Bahaur. 

Banjarmasin Barat ada Sungai Baguntan, Sungai Banyiur, dan Anak Sungai Pelambuan. Dan terakhir di Banjarmasin Tengah ada Sungai Pekapuran Laut, Sungai Kuin, dan Sungai Baru. 

“Lomba memang dikhususkan untuk pemeliharaan sungai. Masing-masing pemenang bakal mendapat uang pembinaan,” pungkas Mukhyar yang juga Plt Kepala Inspektorat Banjarmasin. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.