Target Oktober Covid-19 Terkendali, Kini Tersisa 4 Kelurahan Zona Merah di Banjarmasin

0

KONDISI Kota Banjarmasin berangsur-angsur mulai membaik. Usai hampir merata zona merah penyebaran virus Corona (Covid-19) bertahan  beberapa bulan, kini mulai bisa dipetakan sejumlah kelurahan berpotensi tinggi.

BERDASAR data terakhir yang dirilis Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin pada Rabu (16/9/2020), sudah ada 40 kelurahan telah keluar dari zona merah menuju zona hijau. Sisanya, 8 kelurahan masih ditetapkan zona kuning. Sekarang, tersisa 4 kelurahan berwarna merah.

Empat kelurahan yang masih tinggi angka kasus Covid-19 itu adalah Kuin Cerucuk, Belitung Utara, Kuin Selatan dan Kelurahan Seberang Mesjid.

“Iya, hanya tersisa empat kelurahan zona merah. Ini merupakan hasil evaluasi bersama dengan seluruh kepala puskesmas serta tenaga surveillance yang menangani kasus Covid-19,” ujar Kepala Dinkes Banjarmasin Machli Riyadi kepada awak media, Jumat (18/9/2020).

BACA : Kasus Covid-19 di Kalsel Cenderung Meningkat, Gugus Tugas: Waspada Kluster Baru

Kendati hanya menyisakan empat kelurahan zona merah, Machli mengingatkan masyarakat ibukota Kalsel ini untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan terinfeksi Covid-19.

Menurut dia, tidak ada jaminan suatu kelurahan yang dinyatakan sudah zona hijau ini aman dari Covid-19 alias sewaktu-waktu bisa saja kembali jadi zona kuning, bahkan sampai ke zona merah.

“Inilah pentingnya warga warga Banjarmasin untuk tetap disiplin protokol kesehatan. Minimal seperti memakai masker dan menjaga jarak aman, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” papar mantan Wakil Direktur RSUD Ulin Banjarmasin ini.

Menurut Machli, seluruh elemen harus menjaga situasi saat ini yang sudah melandai kurve kasus Covid-19 di Banjarmasin. “Jangan sampai naik lagi,” ucapnya.

BACA JUGA : Kalsel Jadi Sorotan, Komnas HAM Usul Pelaksanaan Pilkada Ditunda hingga Covid-19 Terkendalikan

Kondisi membaik ini pun ingin direspon cepat oleh Pemerintah Kota Banjarmasin. Seperti diketahui, sebelumnya Dinkes Banjarmasin menargetkan kasus penularan virus Corona di ibukota Kalsel bisa terkendali secara keseluruhan pada bulan Oktober mendatang.

Untuk menghadapi even pilkada serentak di Banjarmasin, Walikota Ibnu Sina pun mengumpulkan semua stakeholders terlibat agar kasus Covid-19 tidak mengalami lonjakan kembali di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota, Jumat (18/9/2020). Utamanya, menyamakan persepsi dalam penegakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona agar kasusnya terus melandai.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.