Masih Bergantung Transportasi Sungai, Kades Harap Desa Bengahon Punya Jalan Darat Baru

0

DESA Bengahon, salah satu desa pedalaman di Kecamatan Sungai Lahei, Kabupaten Barito Utara, telah berhasil melaksanakan berbagai pembangunan desa. Banyak fasilitas yang sudah bisa dirasakan masyarakat seperti semenisasi jalan, penyediaan fasilitas olahraga, ketersediaan air bersih, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan dan bahkan ketersediaan kapal motor emergency untuk mengantarkan warga setempat yang sakit untuk berobat ke ibu kota kecamatan.

Plt KEPALA DINAS Sosial, Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Utara, Eveready Noor ketika berkunjung untuk melakukan pembinaan desa di Desa Bengahon, Rabu (16/9/2020) menyatakan bahwa keberhasilan pembangunan tersebut merupakan buah dari keinginan masyarakat.

“Keberhasilan pembangunan di desa adalah hasil dari masyarakat desa itu sendiri yang berkeinginan desanya untuk lebih maju dan hasil pembangunan yang sudah tersedia tersebut agar benar-benar digunakan sesuai peruntukannya dan sama-sama untuk memeliharanya,” katanya.

BACA JUGA: Jembatan Desa Benao-Desa Papar Pujung Belum Dicor Bahayakan Pengguna Jalan

Dalam kunjungan pembinaan desa yang didampingi Petugas Pendampingan Desa (P2MD) Yusmin, Eveready juga melakukan pertemuan langsung dengan Kepala Desa, Ketua BPD serta masyarakat desa setempat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Bengahon Everiyadi menyampaikan pesan agar pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten memberikan perhatian lebih terkait keterbukaan sarana transportasi darat maupun air untuk keperluan mobilitas masyarakatnya.

Pasalnya, menurut Kades Bengahon selama ini masyarakat masih bergantung dengan sarana transportasi air atau sungai. Hal tersebut terkadang menjadi kendala, terutama ketika air sedang surut.

“Kalau air surut atau kemarau, maka transportasi air sangat sulit karena sebagian di sungai ada riam bebatuan yang cukup berbahaya, ada sebagian jalan darat cuma dapat dilalui sepeda motor atau roda dua saja,” katanya. 

Ia pun berharap ke depannya masyarakat memiliki akses jalan darat untuk menghubungkan desa ke ibu kota kecamatan. Sekedar informasi, Kecamatan Lahei terdiri dari 2 kelurahan dan 11 desa, sebagian besar desa-desa di kecamatan tersebut berada di aliran Sungai Lahei.(jejakrekam)

BACA JUGA: Dua Hari Banjir Muara Teweh Makin Meluas

Penulis Sarbani
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.