Pukul Gong, Ansharuddin Resmikan Gedung Taman Budaya Garuda Maharam

0

BUPATI Balangan, Ansharuddin meresmikan gedung taman budaya di Jalan Garuda Maharam, Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel, Kamis (17/9/2020). Peresmian tersebut sekaligus giat pagelaran Seni Budaya yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan.

SECARA
simbolis, Bupati Balangan memukul gong sebagai bentuk peresmian gedung. Bahkan ia juga memberi nama pada gedung yang baru dibangun tersebut.

Ya, Ansharuddin memberikan nama Gedung Taman Budaya Garuda Maharam. Tentunya ada sejarah khusus kenapa pimpinan wilayah berjuluk Bumi Sanggam ini memberi nama tersebut.

BACA : Disdik Balangan Tekan MoU Bersama Satlantas

“Kata tetua Balangan jaman dulu, di tempat ini sering terlihat adanya burung garuda yang sering datang.  Burung itu seolah menunggu dan mengerami telur,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Proyek pembangunan gedung taman budaya sudah dilakukan sejak tahun 2017 lalu. Prosesnya pun telah pada tahap penyelesaian. Tak dipungkiri oleh Ansharuddin pula memang masih ada ruangan yang dibutuhkan. Semisal sekretariat dan pembenahan lainnya.

Pemanfaatan gedung taman budaya bisa diisi lebih dari 300 orang. Penempatan gedung pun ujar Ansharuddin memang sengaja pada kawasan pegunungan. Hal itu ujar Ansharuddin memiliki filosofi tersendiri.
“Gedung taman budaya ini memang sengaja di tempatkan di gunung. Itu adalah prinsip bahwa budaya di Balangan dan Kalsel tidak terkalahkan,” jelas Ansharuddin.

Gedung taman budaya merupakan satu-satunya yang ada di Balangan. Ia juga berencana akan membuat UPT untuk mengelola gedung tersebut. Tentunya hal itu atas persetujuan DPRD Balangan dan melalui sejumlah administrasi.

BACA JUGA : Lestarikan Permainan Tradisional, Komunitas Di Balangan Gelar Lomba Bapidak Biji Para

Ia juga menilai, budaya di Balangan sangatlah menarik dan memang harus memiliki wadah. Sehingga keberadaan taman budaya diharapkan bisa menjadi fasilitas yang bermanfaat bagi para penggiat seni di Balangan.

Lebih lanjut, gelaran seni budaya yang diadakan di gedung taman budaya itu juga menampilkan beberapa sanggar seni. Hal itu mengawali kegiatan mendatang yang akan dilaksanakan di gedung tersebut.

Saat ini, pengelolaan sudah diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan. Ke depan disampaikan  Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Kamal, pihaknya akan merencanakan pembenahan. Sehingga gedung tersebut menjadi tempat yang representatif untuk dimanfaatkan.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.