Kesbangpol Balangan Siap Turut Serta Jaga Kelancaran Pilkada

0

BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Balangan menggelar rapat koordinasi dukungan kelancaran penyelenggaraan pemilihan umum/kepala daerah di Kabupaten Balangan Tahun 2020, di aula Benteng Tundakan.

RAPAT yang dibuka Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Balangan, Hasmiati mengatakan pemilihan umum termasuk pemilihan kepala daerah (pilkada) merupakam sistem yang dianut dan disepakati dalam bentuk demokrasi.

“Pemilihan umum adalah salah satu implementasi dari sistem yang kita sepakati, yang kita anut, yaitu demokrasi,” katanya.

Hasmiati menyampaikan, dalam demokrasi mungkin saja berpotensi membawa konflik. Namun yang harus disadari adalah kebhinekaan juga berlaku dalam bidang politik.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Balangan, Lokmanol Hakim berharap pemilu tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada sengketa politik.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para stakeholder, KPU, Bawaslu, TNI dan Polri dan yang lainnya bersatu dalam mensukseskan pilkada 2020,” ujarnya.

Lokman menyampaikan rapat koordinasi ini akan dilaksanakan setiap bulan sampai pelaksanaan pilkada selesai, guna evaluasi proses pelaksanaannya.

Kabag OPS Polres Balangan, Indra Yuana menyampaikan, dari apa yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan akan selalu ada evaluasi. Bersama disepakati bahwa pilkada ini pilkada yang sehat.

“Sehat dalam artian pelaksanaan itu sendiri sesuai aturan, kemudian sehat dikaitkan dengan pencegahan Covid-19. Sehingga tidak menimbulkan klaster baru,” ujarnya.

Selanjutnya guna keamanan dan pencegahan Covid-19 dalam penyelenggaraan pilkada. Penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak, harus dipatuhi semua pihak.(jejakrekam)
 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.