Riuh Pilkada, PWI Pusat Ingatkan Wartawan di Kalsel Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

0

KETUA Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Pusat, Suprapto Sastro Atmojo, mengingatkan bahwa pers sebagai cerobong informasi publik, terutama mengenai Pilkada, memiliki peran vital untuk memelihara demokrasi di tanah air.

SUPRAPTO pun berpesan kepada segenap wartawan di Bumi Lambung Mangkurat untuk memperhatikan serta mengutamakan protokol kesehatan sewaktu  meliput agenda Pilkada serentak tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Suprapto di sela kegiatan Seminar PWI Kalsel dengan tema ‘Peran Pers Mengawal Pemilu yang Bermartabat’ di Gedung PWI Kalsel, Senin (14/9/2020).

“Narasumber yang diduga atau berpotensi atau kemungkinan terkena Covid-19, ya sebaiknya jangan ketemu langsung. Bisa wawancara lewat Whatsapp atau lewat telepon atau lewat saluran-saluran lain. Untuk apa? untuk menghindari kemungkinan kita terpapar,” katanya.

BACA JUGA: AJI Jakarta Kecam Doxing Terhadap Jurnalis Liputan6.Com

Dia menyebut pihak Pilkada perlu diawasi agar berjalan secara demokratis dan bermartabat, sehingga pemimpin yang terpilih nanti mendapatkan legitimasi di mata rakyat.

Oleh karena itu, Wasekjen PWI Pusat ini mengatakan, Mappilu nantinya juga akan melaksanakan pelatihan atau pendidikan untuk wartawan tentang tata cara pelaksanaan peliputan Pilkada pada era pandemi Covid-19.

“Dalam kondisi ini, kalau tidak memungkinkan  melakukan kegiatan yang sifatnya tatap muka secara langsung, kita akan melakukan kegiatan itu secara virtual. Yaitu melalui internet atau bisa dengan aplikasi lain,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Sahbirin Noor menyampaikan bahwa, Mappilu Kalsel nantinya dapat mengawal jalannya pemilu sebagai mana demokrasi yang telah disepakati bersama.

BACA JUGA: Bupati Tabalong Terima Penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat

“Pemilu sarana bagi rakyat menjalankan kedaulatannya dan kita berharap pemilu bermartabat, untuk itu perlu kontrol salah satunya dari pers,” ucap Paman Birin sapaan akrabnya.

Senada itu, Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, menuturkan pers sebagai salah satu unsur penting dalam demokrasi termasuk semasa Pilkada serentak ini.

Oleh karenya, Atal mengingatkan Pers harus menyuguhkan informasi kepada masyarakat yang seimbang diantara para pasangan calon.

“Namun, kembali lagi bahwa fungsi pers adalah sebagai kontrol yang memiliki ketajaman berita yang dapat dipertanggungjawabkan berdasar kroscek sebuah informasi,” tutup dia. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.