Teken Perjanjian, Seluruh Kontestan Pilwali Banjarbaru Komitmen Gelar Pilkada Sehat

0

SELURUH bakal pasangan calon (bapaslon) walikota dan wakil walikota Banjarbaru diundang mengikuti deklarasi pemilihan sehat di kantor KPU setempat, pada Senin (10/9/2020).

AJANG ini merupakan inisiasi yang digelar serentak oleh penyelenggara pemilu, untuk memupuk semangat menggelar pilkada sehat demi menekan penyebaran Covid-19.

Dari pantauan jejakrekam.com, hampir semua pasangan bakal calon hadir dalam momen deklarasi tersebut. Seperti duet Martinus-Darmawan Jaya dan Gusti Iskandar-AR Iwansyah. Kendati begitu, ada pasangan Aditya-Wartono yang cuma diwakili wakilnya lantaran Ovie -sapaan akrab Aditya- terpapar Covid-19.

Deklarasi pemilih sehat ini juga disaksikan Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru Dahtiar, Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, Kodim 1006/Martapura, hingga perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banjarbaru.

BACA JUGA: Banjarmasin Masih Zona Merah, Ajang Kampanye Pilwali Berpotensi Memicu Klaster Pilkada

Pada kesempatannya, duet Martinus dan Jaya Setiawan menyampaikan komitmen dan deklarasinya dalam menghadapi pilkada di tengah pandemi. Mereka menyebut kondisi ini merupakan tanggung jawab bersama yang harus dihadapi dengan saling menjaga dan melindungi satu sama lain.

“Seperti apa yang telah diperjuangkan penghulu kita mendiang Nadjmi Adhani hingga akhir hanyatnya, ulun mengajak seluruh masyarakat, elemen dan lembaga yang ada di Banjarbaru untuk tetap dan patuh dengan imbauan pemerintah,” ujar Martinus.

Dia juga mengingatkan kepada peserta deklarasi pemilihan sehat agar selalu gunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Ulun melindungi pian pian jua melindungi ulun. Kita semua saling memlindungi dan saling menyelamatkan,” kata dia lagi.

“Semoga pilkada bisa berjalan sukses dan lancar menjunjung tinggi keadilan, mewujudkan demokrasi yang sehat untuk Indonesia dan banjarbaru yang lebih baik dan semakin baik,” pungkas Martinus.

Selanjutnya, deklarasi pemilih sehat juga disampaiman oleh pasangan calon lain. Isinya juga sama-sama mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap mentaati protokol kesehatan. Adapun dalam acara yang diselenggaran oleh KPU Kota Banjarbaru ini juga pasangan calon menandatangani fakta integritas Deklarasi Pemilihan Sehat. (jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.