Petani Dusun Jaya Desa Ambungan Panen Raya Bawang Merah Kualitas Terbaik

0

PANEN raya bawang merah berlangsung di Dusun Jayau, Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kamis (10/9/2020). Para petani kini bisa menikmati hasil komoditas pertanian yang memiliki nilai jual tinggi.

PANEN bersama para petani ini pun diikuti Bupati Tanah Laut H Sukamta dan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Laut, Hj Nurul Hikmah Sukamta.

“Tanaman bawang merah ini bisa mendongkrak perekonomian para petani di Kabupaten Tanah Laut. Makanya, kami menginginkan agar adanya orientasi bisnis dalam pengembangan bibit maupun benih bawang merah, sehingga memicu perputaran ekonomi di daerah,” kata Bupati Sukamta.

BACA : Petani Cabai dan Bawang Merah di HSS Dibekali Pelatihan

Menurut Sukamta, tak hanya bawang merah, bibit jagung kini telah diproduksi di Tanah laut, sehingga para petani bisa membeli dan memicu perputaran uang di daerah, tak lagi di luar Kalsel.

“Bibit tanaman bawang merah yang berhasil dikembangkan petani Tanah Laut pun terlihat berisi, besar dan berkualitas,” puji Sukamta.

Keberhasilan ini pun diakui Sukamta, karena para petani telah memahami pengelolaan dan karakteristik tanah yang ditanami di Tanah Laut, sehingga hasil didapat bisa maksimal.

Apresiasi juga dilontarkan Kepala Dinas TPH Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman mengungkapkan tanaman bawang merah seluas satu hektare merupakan kegigihan ketua kelompok tani.

BACA JUGA : Musim Panen Tiba, Disdag Kalsel Pastikan Bawang Merah Akan Normal

“Apalagi, dalam pandemi Covid-19 hanya sektor pertanian yang bisa bertahan. Karena sektor pertanian bisa memicu pertumbuhan perekonomian daerah,” kata Syamsir.

Ia menegaskan Pemprov Kalsel selalu siap membantu apa saja kekurangan yang dihadapi para petani. “Kalau misalkan tidak bisa dibantu Pemprov Kalsel, kami akan usulkan ke pemerintah pusat,” tandas Syamsir.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.