Petahana Berlaga di Pilkada, Pemprov Kalsel Siapkan Figur Penjabat untuk Banjarbaru dan Kotabaru

0

PEMPROV Kalimantan Selatan tengah menyiapkan figur penjabat (PJ) untuk mengisi kekosongan posisi bupati/walikota pada dua daerah di Kalsel.

DUA daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Kotabaru dan Kota Banjarbaru. Proses pengusulan penjabat ini dipastikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Kalsel, Sugian Noorbach, Senin (7/9/2020) malam tadi.

Kata Sugian, figur Sayed Jafar yang kini masih menjabat sebagai Bupati Kotabaru dalam waktu dekat akan ikut berlaga di pemilihan kepala daerah. Begitu juga dengan Burhanuddin yang dikenal sebagai wakil bupati.

Sementara, untuk Kota Banjarbaru, akan diusulkan sosok pengganti Nadjmi Adhani yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Untuk figur wakil walikota Darmawan Jaya Setiawan sendiri juga diketahui akan berlaga di pemilihan walikota-wakil di kota berjuluk Idaman tersebut. Praktis, kata Sugian, dua daerah itu perlu diusulkan penjabat.

“Saat ini masih dalam proses. Karena mereka masih dalam pengurusan cuti paling lambat tanggal 29 September 2020. Setelah itu baru ada penjabatnya. Tentu yang menduduki penjabat ini nanti, para pejabat eselon II Pemprov Kalsel. Dalam hal ini Gubernur Kalsel mengusulkan, selanjutnya Mendagri mengeluarkan SK,” bebernya.

BACA JUGA: Ada Wajah Baru, Gubernur Sahbirin Kukuhkan Tiga Pejabat SKPD Definitif Di Lingkup Pemprov

Para penjabat ini akan mengisi kekosongan kepemimpinan di duaerah itu, sampai adanya bupati/walikota definitif melalui keputusan Menteri Dalam Negeri.

Adapun penunjukkan penjabat ini didasarkan pada pertimbangan aspek pengalaman tugas, kinerja, dan kapabilitas yang bersangkutan. Dalam masa transisi, dirasa penting untuk mencari figur penjabat yang mampu menjamin keberlangsungan program pembangunan daerah yang telah direncanakan.

Ditambahkan Sugian, penjabat bupati dan walikota juga akan bertugas menjamin jalannya proses pilkada berjalan dengan aman dan demokratis. Khususnya untuk mencegah adanya pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN). (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.