Deretan Program Pro Rakyat Dari Cuncung dan Alpiya di Pilbup Tanbu

0

SELAMA menjabat Bupati Tanah Bumbu dua periode, berbagai program unggulan pro rakyat telah digulirkan Mardani H Maming (MHM). Kini, program tersebut siap dilanjutkan Syafruddin H Maming (SHM) alias Cuncung bersama M Alpiya Rahman.

BUKAN tanpa alasan Cuncung, sapaan akrab SHM, melanjutkan program Tri Dharma Pembangunan yang digulirkan MHM selama menakhodai Bumi Bersujud.  Pasalnya, MHM yang kini berkiprah di tingkat nasional sebagai Ketua Umum BPP HIPMI, tak lain adik Syafruddin H Maming (SHM).

“Program unggulan jika terpilih nanti, fokus melanjutkan Tri Dharma Pembangunan. Prioritasnya, penggunaan APBD pada 3 sektor, yakni pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” jelas mantan anggota DPRD Kalsel dua priode itu, Senin (7/9/2020).

BACA : Berikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Tak Mampu

Di sektor pendidikan, lanjut politisi PDIP ini, terjabarkan dengan pendidikan gratis sampai 12 tahun, pemberian beasiswa pada anak berprestasi, mahasiswa untuk pendidikan formal dan informal.

“Termasuk pengiriman siswa sampai ke HadraMaut untuk bidang keagamaan,” tegas calon yang diusung PDIP, Gerindra dan PPP itu.

Begitupun untuk bidang kesehatan, sambung anggota DPR RI yang baru mengundurkan diri karena mencalon sebagai Bupati Tanbu, biaya kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat Tanah Bumbu.

“Bahkan penanganan kesehatan berupa rujukan ke seluruh rumah sakit lain, akan ditanggung pemerintah daerah,” jelasnya.

Untuk infrastruktur, lanjut Cuncung, akan menfokuskan pembangunan jaringan transportasi berupa jalan dengan pembangunan baru dan peningkatan kualitas.

BACA JUGA : Datangkan Ahli Pertanian, Yayasan Haji Maming Ingin Petani HSS Lebih Sejahtera

“Ini untuk akses masyarakat dari kabupaten ke kecamatan, kecamatan ke kecamatan, kecamatan ke desa dan desa ke desa,” jelasnya.

Tak hanya itu, pembangunan fasilitas ruang terbuka hijau bagi masyarakat di lokasi strategis di seluruh kecamatan.

Pembangunan fasilitas pendukung berupa perkantoran. Betonisasi sekolah dengan membangun dan memperbaiki ruang kelas baru bagi sekolah dengan bangunan beton.

Sedangkan terkait kebijakan tata kelola pemerintahan, ucap Cuncung, terbagi atas sejumlah bidang, di antaranya pertanian yang meliputi perluasan lahan, pembukaan cetak sawah baru, peningkatan kualitas hasil pertanian dengan pembuatan bibit unggul yang dapat menyesuaikan iklim dan kualitas tanah.

“Bidang ini termasuk memenuhi sarana alat pertanian yang menunjang poduksi pertanian. Menjadikan Tanah Bumbu sebagai lumbung pangan Kalimantan, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Untuk bidang aparatur, menurut dia meningkatkan kualitas SDM dengan memperbanyak pelatihan dan ruang belajar melalui tugas belajar daerah.

BACA LAGI : Ramai Beredar Di Group WhatsApp, Duet Cuncung-Alpiya Unggul Di Polling

Sedang bidang pemerintahan desa, tak ditampik Cuncung, sebagai pioner dan mencetuskan program kesejahteraan desa melalui program 1 M 1 desa dari APBD terus dilanjutkan.

“Program ini akan meningkatkan kualitas pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan bagi penyelenggara pemerintah desa dan instansi vertikal melalui peningkatan gaji kepala desa, pemberian gaji bagi seluruh RT, RW, kepala dusun serta pemberian insentif bagi babinsa dan polisi di setiap desa di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten,” jelas mantan Kepala Desa Pulau Burung 2011-2013 ini.

Sementara bidang perikanan, menurutnya, peningkatan kualitas masyarakat nelayan dengan pemberian fasilitas dan teknologi yang memudahkan untuk mendapatkan hasil tangkap secara maksimal.

“Ini termasuk pemberian fasilitas alat berat untuk pembukaan lahan tambak,” ujarnya.

Untuk bidang pelayanan, memperbaiki tata kelola pelayanan dengan menetapkan batasan waktu maksimal pelayanan keuangan, kependudukan dan perizinan.

“Harus ada kepastian waktu bagi masyarakat dan dipermudah dengan pemangkasan birokrasi serta pemanfaatan tekhnologi IT,” bebernya.

Sedang untuk bidang keagamaan, ditegaskan Cuncung, program pemberian bantuan pembangunan rumah ibadah yang masif dilakukan di seluruh desa.

“Program ini juga termasuk menetapkan pembangunan Masjid Agung di setiap kecamatan agar selaras dengan sebutan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai Bumi Bersujud,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.