Dukung Independen, PKPI dan Gelora Merapat ke Kubu Burhanuddin-Bahruddin di Pilkada Kotabaru

0

MESKI tanpa kursi di DPRD Kotabaru, dua parpol tetap merapat ke kubu bakal pasangan calon independen, Burhanuddin-Bahruddin (BHD). Usai dinyatakan berhak meraih tiket sebagai kontestan, BHD pun dipastikan akan mendaftarkan diri ke KPU Kotabaru pada Minggu (6/9/2020).

“SETELAH dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan faktual perbaikan oleh KPU Kotabaru pada Kamis (8/8/2020) untuk pasangan bakal calon kepala daerah-wakil kepala daerah, BHD memang layak untuk menjadi kontestan pilkada di sana,” ucap Ketua DPW Partai Gelora Indonesia Kalimantan Selatan, Riswandi kepada jejakrekam.com, Sabtu (5/9/2020).

Mantan Wakil Ketua DPRD Kalsel ini menegaskan Partai Gelora memilki sistem yang sangat demokratis dalam menentukan dukungan terhadap calon kepala daerah.

BACA : Sengit! Parpol Pengusung ‘Diborong’ Sayed Jafar-Arul, Kini Penantangnya Hanya Calon Independen

“Kami serahkan kepada setiap DPD Partai Gelora untuk menganalisis peta politik dan sosiologis di daerah. Jika memang sudah mantap dari DPW Gelora Kalsel siap mendukung calon kepala daerahnya,” tutur Riswandi.

Bagi Riswandi, sosok Burhanuddin merupakan sosok yang berpengalaman dalam bidang pemerintahan. Selain saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Kotabaru, juga pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Kalsel.

“Pilkada Kotabaru tahun ini akan berlangsung sengit. Sebab akan mempertemukan dua calon petahana, yakni Bupati Kotabaru Sayed Jafar dengan Wakil Bupati Kotabaru Burhanuddin,” ucap Riswandi.

Karenanya, beber Riswandi, Partai Gelora Kalsel sendiri saat ini sedang memantapkan mesin politiknya di berbagai daerah di Kalsel. Selain, Kabupaten Kotabaru, Gelora Kalsel juga mendukung pasangan Martinus–Darmawan Setiawan Jaya di Pilkada Banjarbaru. Kemudian, duet Saban Effendi–Habib Abdillah Alhabsyi di Pilkada Hulu Sungai Tengah.

“Sementara untuk daerah lainnya akan segera menyusul,” ucap Riswandi.

BACA JUGA : Lolos Verifikasi, Duet Burhanuddin-Bahruddin Raih Tiket Mencalon Bupati-Wabup Kotabaru

Sementara itu, Sekretaris DPP PKPI Kalsel Ahmad Zaki menegaskan partainya mendukung penuh duet calon independen, BHD untuk suksesi di Kotabaru.

“Pertimbangan kami cukup matang dalam mendukung pasangan calon ini. Sebab, butuh pendidikan politik bagi publik dalam menyikapi adanya pertarunga memperebutkan kursi eksekutif,” ucap Zaki.

Menurut Zaki, BHD meski harus berhadapan dengan poros besar calon incumbent, Sayed Jafar Alaydrus-Andi Rudi Latif (SJA-Arul), toh basis massa pendukung calon non partai itu juga terlihat jelas.

“Inilah salah satu alasan kami mendukung BHD di Pilkada Kotabaru,” tandas Zaki.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.