Sebab Hermansyah, Petahana Resmi Diusung PDIP di Pilwali Banjarmasin 2020

0

TEKA-teki arah angin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada pemilihan Walikota-Walikota Banjarmasin 2020, akhirnya terjawab sudah.

DI DETIK-detik terakhir partai berlambang banteng ini mengarahkan dukungan kepada petahana Ibnu Sina yang berpasangan dengan mantan Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin Arifin Noor.

Hal ini terbukti saat Ketua DPC PDIP Banjarmasin Muhaimin bersama kader banteng lainnya mendampingi sang petahana mendaftar sebagai kontestan pada ajang lima tahunan di KPU Banjarmasin, Jalan Perdagangan, Jumat (4/9/2020) pagi.

Sesampainya di halaman kantor KPU, surat rekomendasi dari DPP PDIP resmi diserahkan kepada Ibnu Sina-Arifin Noor untuk bertarung sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin pada 9 Desember 2020.

Lantas mengapa PDIP baru menentukan sikap di detik terakhir sebelum bakal pasangan calon mendaftar ke KPU Banjarmasin? Ketua DPC PDIP Banjarmasin Muhaimin berkata, dukungan yang diberikan kepada pasangan Ibnu Sina-Arifin Noor memang penuh perhitungan.

BACA : Gaet Parpol Non Parlemen, Ibnu Sina Yakin Sinyal Sokongan PDIP Mengarah ke Kubunya

Di samping itu, bapaslon satu ini berdasar hasil survei dari DPP PDI Perjuangan, ternyata merupakan yang paling tertinggi. Dibandingkan paslon seperti Ananda-Mushaffa Zakir maupun Abdul Haris Makkie dan Ilham Noor.

“Memang kita penuh perhitungan, kemudian hasil survei yang dilaksanakan secara internal,” ujar Muhaimin kepada awak media, Jumat (4/9/2020 pagi.

Selain itu, rupanya PDI Perjuangan berkaca pada sejarah lima tahun silam. Di mana saat itu, kader mereka yakni Hermansyah menjadi pasangan calon petahana di Pilwali Banjarmasin 2015.

Kala itu, mereka pun menyapu bersih kemenangan dengan meraih suara terbanyak di 5 kecamatan yang ada.

“Melihat sejarah karena pernah berpasangan dengan Hermansyah dari kader PDI Perjuangan. Itu juga merupakan salah satu kajian dari DPP,” pungkasnya.

Dukungan PDI Perjuangan ini semakin mempertegas langkah Ibnu Sina-Arifin di Pilwali Banjarmasin. Mengingat, partai banteng ini punya 5 kursi di DPRD Banjarmasin, hasil Pemilu 2019.

BACA JUGA : Bukan Petahana, Sinyal PDIP di Pilwali Banjarmasin Diprediksi Mengarah ke Ananda-Mushaffa

Alhasil tekad petahana Ibnu Sina bersama Arifin telah diusung sejumlah partai besar dengan jumlah 15 kursi. Di antaranya PKB 5 kursi, Demokrat 5 kursi, dan PDI Perjuangan 5 kursi di DPRD Banjarmasin.

Ditambah plus sokongan dukungan dari parpol non-parlemen seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Guna menguatkan langkah sang petahana untuk mempertahankan takhta.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.