Sering Salah Jalur, Dishub Banjarmasin Buatkan Pagar Markah untuk Pesepeda

0

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin berencana membangunkan markah khusus untuk para pesepeda dalam waktu dekat. Terobosan ini diberikan pemkot agar memberi rasa aman dan nyaman terhadap goweser di Kota Seribu Sungai.

KEPALA Dishub Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik, berkata markah sepeda yang dibangun akan lebih canggih, tak lagi hanya berbentuk cat. Melainkan langsung didirikan tiang pembatas yang bersifat elastis di bagian jalan.

“Kalau di DKI (Jakarta) kan pengamannya pakai kerucut. Kalau di sini tidak. Kita pakai pagar yang kalau ketabrak dia bisa balik lagi,” ujar Ichwan Noor Chalik, belum lama tadi.

Menurut Ichwan, sesuai aturan perundang-undangan lalu lintas, para pesepeda tentunya harus dilindungi. Sama halnya dengan pejalan kaki.

“Tujuannya jelas untuk mengamankan penggunaan jalan lain. Karena undang-undang kan mengamanahkan bahwa jalan itu tak hanya untuk kendaraan tapi juga pejalan kaki dan sepeda,” bebernya.

BACA JUGA: Di Tengah Wabah Covid-19, Penjualan Sepeda Lipat Lebih Mendominasi

Ichwan menarget, pemasangan jalur canggih untuk pesepada itu bakal dilaksanakan tahun ini. Bahkan, sudah diusulkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2020.

“Ini DED nya baru selesai. Kalau sudah selesai. Pasca perubahan ini langsung kami mainkan. Anggaran tak mahal, tak sampai miliaran. Di bawah 200 juta saja,” beber eks Plt Kasatpol PP Banjarmasin ini.

Rencananya, kawasan yang dipasangi jalur markah tersebut difokuskan di sepanjang Jalan Ahmad Yani dari kilometer satu sampai enam. Lalu setelahnya bakal dipasang di jalan lainnya.

Selain rencana membangun markah canggih tersebut, Dishub juga bakal membangunkan parkir sepeda di beberapa titik yang letaknya persis bersebelahan dengan halte bus trans Banjarmasin. 

BACA JUGA: 45 Pesepeda Indonesia Mengayuh 17,8 Km Memperingati Kemerdekaan RI di Belanda

Masih menurut Ichwan, rencana pembangunan parkir sepeda ini menyusul dikeluarkannya surat dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, baru-baru ini.

Dalam surat itu, Menhub Budi Karya Sumadi meminta seluruh Pemerintah Daerah harus memiliki fasilitas tersebut.

Untuk diketahui, pembangunan parkir sepeda tersebut juga berbarengan dengan pembuatan markah canggih. Yang mana pada titik awal nanti bakal dibangun tak jauh dari depan rumah dinas Walikota Banjarmasin, di Komplek Dharma Praja, Jalan Ahmad Yani.

“Nanti kami bangun di depan Jalan Dharma Praja. Jadi bisa konek bagi pesepeda yang mau naik trans Banjarmasin,” pungkas Ichwan. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.