Isu Duet Mardani-Syaifullah Menguat, PKPI Kalsel Siap All Out Menangkan Poros Ketiga

0

KABAR terbentuknya poros ketiga di ajang pemilihan Guburnur-Wakil Gubernur Kalsel pada 9 Desember 2020 mendatang, kian kencang berembus.

RUMOR ini dihembuskan pertama kali salah satu elite PPP yang tidak ingin disebutkan identitasnya, tentang kemungkinan koalisi PDIP dan PPP.

Poros ketiga akan mengusung Ketua DPD PDIP Kalsel Mardani H Maming yang juga mantan Bupati Tahnah Bumbu (Tanbu) dan anggota Komisi I DPR RI sekaligus Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha.

Wacana poros ketiga disambut hangat pegiat demokrasi di Kalimantan Selatan. Karena dengan adanya tiga calon, publik akan mendapatkan pilihan yang beragam, tidak hanya dari kubu petahana H Sahibirin Noor dan penantang Denny Indrayana.

BACA : Beredar, Mardani Berduet Dengan Syaifullah? Pengamat Politik : Wakili Banua Anam-Pesisir

Sekretaris DPP Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kalsel Ahmad Zaki menuturkan tiga bakal calon yang akan berlaga di Pilkada Kalsel hal yang baik bagi pendidikan politik di Bumi Antasari.

Zaki mengatakan belajar dari pengalaman Pilpres 2014 dan 2019, karena hanya ada dua paslon polarisasi di level akar rumput tak terhindarkan.

“Tentu kita tidak ingin hal demikan (polarisasi) terjadi di Banua kita, semenjak Pilkada 2005 Kalsel belum pernah ada dua pasangan calon, selalu lebih dari dua paslon,” ucap Zaki kepada jejakrekam.com, Selasa (26/8/2020).

BACA JUGA : Tunggu Sikap Politik PDIP, PPP Berhasrat Bikin Poros Baru di Pilgub Kalsel

Sekjen Borneo Muda ini menganggap MHM dan ST punya modal kuat untuk memimpin Kalsel, sebab selain akan mewakili poros Banua Pesisir dan Banua Anam, juga punya latar belakang yang beragam.

“Pak MHM merupakan mantan Bupati Tanah Bumbu dua periode, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi)  tentu punya energi dan visi selayaknya pemipimpin muda,” ucap dia.

Sedangkan figur yang mendampingi, Zaki mengatakan sosok Syaifullah Tamliha merupakan politisi yang punya basis massa kuat di akar rumput, dan tokoh muda Nahdliyin tulen, yang pernah menjabat pengurus di organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

“Kolaborasi keduanya, MHM dan Syaifullah Tamliha saya kira akan mudah diterima masyarakat, sehingga peluang keterpilihannya pun semakin besar,” ungkap pengurus KAHMI Kalsel ini.

BACA JUGA : Jika PDIP Berani Usung Kader Banteng, Peluang Menangkan Pilgub Kalsel Lebih Terbuka

Zaki menyebut jika poros ketiga akan terbentuk, DPP PKPI Kalsel membuka peluang untuk mendukung bakal calon Gubernur-Wagub Kalsel, MHM dan Syaifullah Tamliha.

Ia mengutarakan bahwa Ketua Umum DPN PKPI Diaz Hendropriono sudah mengenal dekat dengan figur Mardani H Maming, sehingga rencana PKPI Kalsel besar kemungkinan akan direstui pengurus pusat.

“Kader PKPI hingga ke tingkat kelurahan dan desa akan all out bergerak dan mendukung poros ketiga,” tutup Zaki.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.