Lestarikan Permainan Tradisional, Komunitas di Balangan Gelar Lomba Bapidak Biji Para

0

UNTUK melestarikan salah satu permainan tradisional, komunitas pemuda di Balangan mengelar lomba Bapidak Biji Para (memecahkan biji karet-red), Minggu (23/8/2020) malam.

ADA kurang lebih 300 peserta yang ikut dalam perlombaan tersebut. Tak tanggung-tanggung, bahkan peserta menyiapkan Biji Para terkuat dari daerah lain.

Ketua Pelaksana kegiatan, Normansyah Sasi menerangkan, pemenang merupakan peserta dari wilayah Paringin. Diketahui, Biji Para yang berhasil mendapatkan juara pada pertandingan tersebut berasal dari wilayah Kandangan. Kekuatan biji para juga diprediksi dari bagaimana ketebalan dan usia Biji Para. Bukan dari cara pemecahan lawan ketika pertandingan.

BACA : Melawan Arus Game Online, KPTB Pendamai Hidupkan Permainan Kampung

Ada beberapa sesi dalam pertandingan tersebut. Sesi pertama dimulai adanya dua orang yang beradu pemecahan Biji Para. Mereka secara bergantian memukul Biji Para.

Setiap orang mendapatkan jatah tujuh Biji Para untuk ditanding. Apabila, satu di antaranya ada sisa dari tujuh biji tersebut, maka bisa berlanjut ke sesi berikutnya. Beberapa lawan harus dihadapi oleh para juara, hingga didapatkan satu pemenang utama.

Oleh panitia, ada empat juara yang dipilih, yakni juara satu, dua, tiga dan harapan. Mereka mendapatkan hadiah berupa uang tunai, bingkisan, dan beberapa hadiah menarik lainnya.

Terlepas dari itu, antusias pemain dan penonton begitu tinggi untuk lomba traditional kali ini. Mereka juga menantikan nama disebut saat pertandingan dimulai. Ada pula yang datang hanya sebagai pendukung.
Lomba ini sendiri digelar dalam rangka kemeriahan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.