Diincar untuk Kesehatan, Budidaya Jahe Merah Mulai Berkembang di Barito Utara

0

BUPATI Barito Utara, Nadalsyah didampingi Kadis Pertanian, Setia Budi meluangkan waktu mengunjungi lokasi pengembangan budidaya jahe merah sistem bigbag di areal PT. Mitra Barito Wilayah Desa Paring Lahung Kecamatan Montallat, Minggu (23/8/2020).

DALAM kunjungan itu, Nadalsyah berharap para petani bukan hanya terfokus kepada satu budidaya tanaman saja namun, kedepannya diharapkan bisa melakukan inovasi  serta terobosan untuk mengembangkan tanaman pangan lainnya.

Dengan pengembangan tanaman ini, maka  akan berdampak positif bagi ketahanan pangan di daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitarnya.

BACA JUGA: Aparat Di Barito Utara Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan Dengan Rutin Patroli Keliling

“Untuk itu saya perintahkan kepada leading sektor Dinas Pertanian bisa memfasilitasi kelompok masyarakat dalam mengolah dan memilih produk  unggulan sesuai lingkungan dan wilayahnya masing-masing,” tegas Nadalsyah.

BACA JUGA: Pemprov Kalteng Dorong Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal

Sementara itu,  Setia Budi mengatakan jahe merah merupakan tanaman yang baik untuk dikembangkan pada lahan terbuka maupun bigbag.
Apalagi kata dia,  pada masa sekarang ini jahe merah bisa dijadikan aternatif para petani sebagai usaha maupun tanaman rumah tangga apalagi manfaat dan khasiatnya sangat banyak untuk kesehatan.

“Kita mencoba tanaman ini dengan skala kecil dulu.  Setelah itu baru kita lakukan pembukaan lahan yang lebih besar. Karena tanaman ini juga punya nilai ekonomis yang tinggi, “pungkas Setia Budi.  (jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.