Jamin Transparan, Panitia Penerimaan Bintara Ambil Sumpah dan Teken Fakta Integritas

0

POLDA Kalsel menggelar pengambilan sumpah dan penandatanganan fakta Integritas Bintara Polri tahun 2020 berlangsung di Rupatama Polda Kalsel, Rabu (19/8/2020).

IRWASDA Polda Kalsel Kombes Pol. Djoko Poerbohadijojo yang juga Koordinator Pengawasan didampingi Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol. Ari Wahyu Widodo, selaku Ketua Pelaksana dan Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol. Mochamad Rifa’i memimpin langsung Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Bintara.

Acara ini dihadiri Pejabat Utama Polda Kalsel, Pengawas Internal, Pengawas Eksternal, Perwakilan Peserta Pembaca Pakta Integritas, Perwakilan Sumpah Agama Islam, Perwakilan Sumpah Agama Kristen dan Perwakilan Sumpah Agama Hindu.

Dalam sambutannya Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta, yang dibacakan Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol. Djoko Poerbohadijojo menyampaikan lazimnya dalam sebuah organisasi khususnya institusi Polri juga memerlukan rekrutmen SDM.

“Untuk itu setiap tahunnya dilaksanakan proses penerimaan anggota Polri yang bertujuan selain untuk menambah jumlah personel dan menggantikan penyusutan jumlah personel yang terjadi setiap tahun, juga dimaksudkan untuk melahirkan sumber daya manusia Polri yang profesional, berintegritas, dan mampu menguasai bidang tugasnya,” ucap Djoko.

Dia mengakui profesi Kepolisian tetap masih diminati oleh para pemuda termasuk di wilayah Kalsel. hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah animo peserta seleksi penerimaan Polri tahun ini.

“Yang sudah mendaftar online dan terverifikasi sampai dengan saat ini sebanyak 1.605 orang yang terdiri dari 1.445 Bintara Polisi Tugas Umum, 119 Bakosus TI, 18 Bakomsus Agama, 9 Bakomsus Penyidik Pembantu, 3 Bakomsus Olahraga, dan 11 Bintara Rekrutmen Proaktif,” kata Djoko.

Dia menegaskan bahwa seluruh tahapan seleksi mengacu pada prinsip dasar penerimaan anggota Polri yaitu bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH), dengan pelaksanaan proses seleksi yang dilakukan secara clear and clean. Setiap orang dapat melihat sendiri hasil seleksi disetiap tahapannya secara terbuka. Sehingga calon Bintara yang lolos seleksi merupakan figur yang terbaik.

BACA JUGA : Gelar Seleksi Calon Bintara, Kapolres Tabalong Pastikan Sesuai SOP

Dia mengingatkan kepada seluruh Panitia agar tidak mengambil kesempatan dengan memberikan janji kepada orang tua/wali dan peserta seleksi dengan meminta imbalan dalam bentuk apapun.

“Lakukan penilaian secara objektif dan berikan informasi secara transparan tentang hasil seleksi kepada peserta secara cepat dan tidak menunda-nunda, kepada Pengawas Internal dan Eksternal, berikan pengawasan secara ketat dan apabila ditemukan adanya penyimpangan agar segera disampaikan kepada koordinator pengawas,” imbuhnya.

Djoko berpesan kepada calon Bintara agar mengikuti rangkaian seleksi dengan baik, serta tidak berupaya untuk melakukan kecurangan ataupun terbujuk oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Saya ingatkan kepada Panitia Pelaksana, di tengah Pandemi Covid-19 ini agar tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap proses dan tahapan seleksi,” tandasnya. (Jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.