Hasil Tes Swab Massal Sudah Keluar, Sementara Baru 215 Orang Terkonfirmasi Covid-19

0

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan telah menyelesaikan agenda swab test massal kepada 11.770 orang warga di 13 kabupaten/kota se-Kalsel. Hasil sementara, sebanyak 215 orang tercatat terpapar Virus Corona (covid-19).

JURU Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalsel, Muslim, berkata masih ada 8.000 sampel yang masih harus diperiksa di laboratorium. Sementara, total 215 orang yang terkonfirmasi positif itu hanya 1,08 persen dari jumlah keseluruhan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel ini, pada saat swab kemarin di mana yang tertinggi saat dilakukan swab kemarin adalah Kabupaten Banjar sedangkan yang terendah ada Kota Banjarmasin.

BACA JUGA: Tunggu Hasil PCR, Lampaui Target 11.359 Warga Kalsel Telah Diswab Massif

“Kemungkinan besar kasus positif covid-19 ini akan bertambah. Karena masih ada ribuan sampel dalam proses uji di laboratorium. Kita perkirakan pada 24 Agustus mendatang, akan diketahui hasil akhir dari swab test ini,” tutur Muslim.

BACA JUGA: Tes Swab Massal Dimulai Besok, Pemprov Kalsel Prediksi Ada Tambahan 5000 Kasus Positif

Selanjutnya mereka yang dinyatakan positif ini akan ditangani berjenjang di kabupaten/kota juga provinsi. Sebelumnya gugus tugas provinsi dan kabupaten/kota di Kalsel telah menyiapkan fasilitas karantina dan rumah sakit untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif covid. Termasuk memaksimalkan laboratorium uji sampel (PCR).

Swab test secara masif dilakukan pada 14-19 Agustus dengan target 10 ribu orang. Tes massal ini melampaui ekspektasi karena rupanya terjadi penambahan hingga mencapai 11.770 orang. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.