Tunggu Hasil PCR, Lampaui Target 11.359 Warga Kalsel Telah Diswab Massif

0

TES swab massif dengan mengambil sampel lendir di hidung dan tenggorokan dalam skema memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) diklaim Pemprov Kalimantan Selatan, telah melampaui target.

SEJAK digulirkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam peringatan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-70 pada Jumat (14/8/2020) di Mahligai Pancasila Banjarmasin, serentak tes swab massal ini pun dihelat di 13 kabupaten dan kota. Ditargetkan ada 10.000 orang menjalani tes swab masif guna mendeteksi apakah terinfeksi atau tidak virus Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel HM Muslim mengungkapkan hingga Senin (17/8/2020), tercatat target tes swab massif telah terlampaui.

“Jika sebelumnya ditarget 10.000 orang, ternyata yang bisa dilakukan tes swab massif sebanyak 11.359 orang atau 113,6 persen,” ucap Muslim dalam siaran persnya, Senin (17/8/2020).

BACA : Tes Swab Massal Dimulai Besok, Pemprov Kalsel Prediksi Ada Tambahan 5000 Kasus Positif

Menurut dia, secara kuantitas tentu target orang  yang diswab melebihi ekspektasi. Bahkan, terdata ada 7 kabupaten dan kota telah melebihi target kuota tes swab.

“Seperti Kabupaten Tanah Laut dari target 791 orang, mampu dites swab sebanyak 1.048 orang. Begitupula, Kabupaten Banjar, dari 869 orang bisa dicek sampelnya 1.397 orang,” urai Muslim.

Masih menurut dia, di Kabupaten Tapin dengan 501 orang target, tercapai 827 orang atau sekitar 165 persen. Kemudian, Hulu Sungai Selatan 117 persen, HSU 168 persen dan Balangan 101 persen, serta Kota  Banjarbaru dengan 159 persen.

BACA JUGA : Dua Kali Tes Swab, Walikota Banjarmasin Tegaskan Negatif Covid-19

“Untuk pengukuran secara kualitas, saat ini masih belum dapat data akurat. Sebab, proses pemeriksaan sampel di lima laboratorium PCR masih berlangsung hingga saat ini. Saat ini, baru sekitar satu persen lebih yang sudah diketahui hasilnya,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

Menurut dia, sejumlah daerah juga masih terus melakukan tes swab massif guna mengejar target kuota sasaran swab yang telah dicanangkan.

Muslim menyebut seperti dilakukan di Kotabaru dan Kotabaru yang masih menjalankan tes swab massif. Berdasar amatan di lapangan, Muslim mengatakan proses swab massif ini akan berakhir pada Kamis (19/8/2020).

BACA JUGA : Pemprov Targetkan 10 Ribu Warga Kalsel Jalani Tes Swab

“Sedangkan, untuk hasil PCR-nya rata-rata dua hari untuk setiap spesimen. Maka hasil laboratoriumnya baru bisa diketahui pada 23-24 Agustus 2020 nanti,” imbuhnya.

Begitu didapat hasilnya, Muslim memastikan para peserta tes swab yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan siap ditampung di wadah karantina, terutama yang tanpa gejala. “Begitu pula rumah sakit rujukan juga sudah disiapkan untuk menangani mereka,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.