Lepas dari Zona Merah Covid-19, Zona Hijau di Banjarmasin Bertambah 9 Kelurahan

0

BERSELANG waktu empat hari, kawasan zona kuning maupun hijau sebaran virus corona (Covid-19) di Kota Banjarmasin kembali bertambah.

JIKA update terakhir yang disebar Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin pada Kamis (13/8/2020) lalu hanya ada 6 kelurahan zona hijau, kini tim medis mencatat total sebanyak 9 kampung yang bebas dari sebaran Covid-19.

Yakni Kelurahan Pemurus Luar, Kelayan Luar, Kelayan Dalam, Mawar, Telawang, Kertak Baru Ilir, Kertak Baru Ulu, Sungai Bilu serta Kelurahan Sungai Lulut.

Fakta ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi kepada awak media di Hotel Best Western, Selasa (18/8/2020).

BACA : Ada Dua Kasus Baru, Belitung Utara Kembali Berstatus Zona Merah

Di samping itu, Machli juga mengungkap ada empat kelurahan di Kota Seribu Sungai yang saat statusnya turut membaik. Dari zona merah ke zona kuning. Yakni Kelurahan Gadang, Melayu, Pemurus Baru dan Pemurus Dalam.

Jika ditotal, hingga kini ada 13 Kelurahan yang masuk kategori aman lantaran berstatus zona hijau dan kuning. Sementara 39 kelurahan lainnya dari jumlah keseluruhan yakni 52 kelurahan di Kota Banjarmasin, masih berada di zona merah.

BACA JUGA : Kalsel Masih Zona Merah, Umat Kristiani Belum Berani Ibadat Bersama di Gereja

Kendati begitu, Machli tetap mewanti-wanti warga agar tidak hanyut dalam euforia. Sebab, beber dia, kawasan zona hijau ini masih bersifat sementara, tanpa mengenal waktu bisa saja kembali berubah ke zona kuning bahkan merah.“Protokol kesehatannya harus terus diperketat,” ucap Machli, mengingatkan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin ini juga menjelaskan, penetapan status dari zona merah ke kuning hingga zona hijau itu merujuk pada buku pedoman baru.

Pada Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Buku Pedoman Kelima yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, belum lama tadi.

Mantan Wakil Direktur RSUD Ulin Banjarmasin ini memaparkan, untuk penetapan zona kuning, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 cenderung mendatar.

BACA JUGA : Dari Hasil Karantina, Ada 149 Pasien Dinyatakan Sembuh dari Infeksi Covid-19

Selain itu, terjadinya penurunan terkait angka kematian dan tidak adanya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif. Sedangkan penetapan zona hijau, dilihat dari selesai masa pemantauan selama 10 hari. Serta kasus terkonfirmasi positifnya menurun dan tidak ada penambahan kasus baru.

“Penetapan zona hijau di kelurahan itu berdasarkan hasil evaluasi dan pemantauan yang dilakukan oleh tim GTPP Covid-19 Banjarmasin, serta puskesmas setempat,” tandas Machli.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.