Momentum Kemerdekaan, Walikota Ibnu Sina Ajak Warga Berperang Lawan Covid-19

0

UPACARA pengibaran bendera peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Balai Kota Banjarmasin pada Senin, (17/8/2020) benar-benar digelar secara terbatas.

TERPANTAU jejakrekam.com, upacara yang digelar pada pukul 08.00 Wita ini hanya dihadiri anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sebagian Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Banjarmasin.

Bukan hanya itu, terlihat juga perwakilan Veteran yang dihadiri Anang Ahmad sebagai Sekretaris Veteran Kota Banjarmasin.

Selain itu, rangkaian kegiatan upacara di tahun ini juga nampak berbeda. Misalnya, tidak ada pembacaan pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 hingga amanat inspektur upacara.

BACA : Ghaida Lega Dilantik Walikota Ibnu Sina Jadi Anggota Paskibraka Banjarmasin

Hal ini sesuai dengan intruksi Pemerintah Pusat melalui pedoman dari Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020, tanggal 6 Juli 2020 Perihal Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020.

Kendati begitu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan bahwa semangat perjuangan saat peringatan Proklamasi Kemerdekaan HUT RI ke-75 di tengah pandemi Covid-19 tetap bisa dirasakan.

“Tetapi tidak mengurangi makna nasionalisme dan patriotisme kita ketika upacara hari ulang tahun kemerdekaan dirayakan,” ucap Ibnu usai pelaksanaan upacara.

BACA JUGA : Upacara Kemerdekaan di Balai Kota Banjarmasin Digelar Terbatas

Orang nomor satu di Kota Banjarmasin ini mengajak warganya untuk menjadikan momentum kemerdekaan sebagai bentuk perjuangan melawan pandemi virus Corona.

“Ketika kita dalam suasana Covid-19 ini harus dijawantahkan dalam bentuk siap berperang melawan Covid-19 yaitu penegakan disiplin dan sebagainya,” imbau Ibnu Sina.

Dalam upacara penaikan bendera sang saka, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina ditunjuk sebagai inspektur upacara. Sedangkan komandan upacara yakni Danramil Banjarmasin Barat Mayor Czi Tjandra Wideru.

Di akhir kegiatan, areal Balai Kota langsung disterilkan dengan disemprot cairan disinfektan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.