Berhenti Sejenak di Jalan Raya, Puluhan Warga Lakukan Penghormatan Bendera

0

KEGIATAN upacara bendera saat momentum Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 bukan hanya digelar di sejumlah instansi pemerintahan maupun swasta, namun juga di ruas jalan raya.

HAL itu terlihat saat kawasan Jalan Lambung Mangkurat-Pangeran Samudera, tepatnya di bundaran dekat Hotel A Banjarmasin mendadak macet pada Senin (17/8/2020) pagi tadi.

Para pengendara roda dua maupun empat mendadak menghentikan aktivitas sebelum rambu lalu lintas tepat pada pukul 11.17 Wita. Padahal saat itu rambu lalu lintas menunjukkan lampu berwarna hijau.

Dengan penuh khidmat, puluhan warga Banjarmasin ini menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sembari hormat kepada sang saka bendera merah putih yang dikibarkan dua orang personel kepolisian.

BACA : Kasus Covid-19 Kalsel Diprediksi Memuncak di Juli, New Normal Efektif Bulan Agustus

KBO Satlantas Polresta Banjarmasin, Ipda S Naryanto mengatakan kegiatan semacam ini digelar di seluruh penjuru tanah air.

Maklum, hal tersebut sesuai dengan imbauan Pemerintah untuk menghentikan aktivitas saat detik-detik proklamasi kemerdekaan.

“Kegiatan ini dilakukan di seluruh Indonesia. Penghormatan bendera paling tidak selama tiga menit,” ucap Naryanto memimpin upacara penghormatan bendera.

Naryanto mengaku takjub melihat antusiasme warga Banjarmasin saat bersedia menghentikan aktivitas mereka sejenak untuk melakukan penghormatan kepada sang saka merah putih.

“Biasanya pengguna jalan kalau dihentikan melakukan klakson atau segala. Tapi ini kita lihat, saat ada bendera di depan, mereka berhenti,” ujarnya.

BACA JUGA : Proklamasi 17 Mei 1949, Perjuangan Borneo Bagian Selatan Menjadi Indonesia

“Kita sangat terima kasih, terlihat di warga Banjarmasin sangat antusias sekali. Dari pengendara roda dua maupun empat mau berdiri melakukan penghormatan bendera,” tambah Naryanto.

Selain di kawasan Lambung Mangkurat, suasana seperti ini juga dirasakan di empat titik lainnya yang ada di Kota Banjarmasin. Yakni di kawasan simpang Mentari, simpang Merdeka, simpang Pangeran Antasari.Termasuk, di depan Mako Polresta Banjarmasin, Jalan A Yani Km 2,5.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.