Husairi Abdi

Banjarmasin Tampak Lengang, Takut Corona Tak Ada Lomba Tujuhbelasan

0

PANDEMI virus Corona (Covid-19) benar-benar menjadi suasana perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 ini, terbilang sepi. Ruas jalan pun tampak lengang, akibat tak ada aktivitas keramaian publik.

KONDISI ini terpantau di kawasan Pasar Sudimampir Raya, Pasar Ujung Murung dan Pasar Baru yang biasanya ramai tiap tujuhbelasan. Kini, suasana tampak sedikit lengang.

Begitupula, di kawasan Jalan Pangeran Samudera, khususnya di depan Gang Penatu, biasanya digelar aneka lomba anak-anak untuk memeriahkah hari ulang tahun kemerdekaan.

Terlihat, hanya ada beberapa pedagang yang menggelar lapangan dagangannya. Walikota Banjarmasin Ibnu Sina sendiri telah mengeluarkan surat imbauan di masa pandemi Covid-19, terlebih lagi ibukota Kalsel ini masih zona merah, dilarang untuk menggelar perlombaan memperingati tujubelasan.

BACA : Berhadiah Peralatan Sekolah, Lomba Tujuhbelasan Kampung Penatu Meriah

Ketua 08 Kelurahan Kertak Baru Ulu, Yadi mengakui tahun ini di Kampung Penatu tidak digelar aneka lomba serta kemeriahan lainnya karena masih suasana wabah Corona.

“Apalagi, kita tidak bisa menjamin dalam lomba itu masyarakat bisa menjaga jarak aman. Jadi, tidak ada lomba tahun ini digelar,” ucap Yadi kepada jejakrekam.com, Senin (17/8/2020).

BACA JUGA : Panjat Pinang, Hiburan Warisan Kolonial Belanda untuk Menghina Kaum Pribumi

Meski kelurahannya tergolong zona hijau, toh Yadi mengatakan terlalu berisiko untuk menggelar lomba tujubelasan di tengah situasi yang rawan penyebaran penyakit Covid-19 tersebut.

“Makanya, kami mendukung kebijakan pemerintah kota untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona dengan melarang berbagai perlombaan tujuhbelasan. Untuk tahun ini saja, semoga tahun depan bisa seperti sedia kala,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.