Perbaikan Pipa, Distribusi Air Bersih PDAM Bandarmasih Tersendat Sementara

0

PASOKAN air bersih yang dikelola oleh PDAM Bandarmasih dipastikan bakal kembali tersendat,  pada Sabtu (15/08/2020) besok.

TIM teknis PDAM Bandarmasih memperbaiki pipa HDPE diameter 500 mm, yang berlokasi di Jalan Pramuka, Banjarmasin.

Humas PDAM Bandarmasih, M Nur Wahid mengatakan pekerjaan perbaikan pipa tersebut dilaksanakan pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari.

“Pompa off mulai Sabtu pukul 23.00 wita s/d 04.00 wita atau selama 5 jam,” ujar Wahid kepada Jejakrekam.com, Jum’at (14/8/2020).

Dia menuturkan imbas dari perbaikan tersebut sejumlah  daerah terdampak penghentian distribusi air ini, yakni mulai dari kawasan permukiman di sekitar Jalan Brigjen Hasan Basri sebelah Kanan Arah  Rumah Sakit Ansyari Saleh, Kayu Tangi 1, Flamboyan, Cemara Raya sampai Cemara Ujung.

Kemudian daerah Sultan Adam, Malkon Temon, Jahri Saleh, Masjid Jami Sungai Jingah, Sungai Miai, Antasan Kecil Timur, Antasan Kecil Dalam Sungai Andai.

Lalu daerah Mantuil, Tanjung Harapan, Pulau Bromo, Kuin Kecil, Pantai Selaras, Jalan Geriliya, Tatah Belayung, dan Gunung Meranti.

Selanjutnya Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur dan sebagian Kabupaten Banjar di Jalan Martapura Lama.

Wahid mengatakan penurunan tekanan sampai dengan tidak mengalir sama sekali terjadi di Geriliya, Tata Banua Indah, Kelayan B, Beruntung Jaya /AMD, Komplek Joko, Sungai Punggu, dan Kertak Hanyar.

Dia menjelaskan perbaikan pipa karena lalu lintas yang cukup padat moda transportasi roda 4 dengan bobot berat memberi tekanan berlebihan terhadap pipa, sehingga mengakibatkan kebocoran.

Dia menambahkan pekerjaan ini sempat tertunda, dikarenakan menunggu cukup lama peralatan untuk menyambung pipa tersebut tiba, karena pandemi Covid-19.

Untuk itu selama ini  PDAM telah mengambil tindakan perbaikan sementara guna menanggulangi kebocoran pipa sampai peralatan tersebut tersedia.

Wahid mengatakan PDAM Bandarmasin berencana memperbaiki pipa yang bocor permanen, agar hal serupa tidak terulang kembali.

BACA JUGA : Ada Perawatan, Pasokan Air Bersih PDAM Bandarmasih Tersendat Lagi

“Pasokan air bersih bakal kembali normal secara bertahap setelah pekerjaan tersebut selesai dilaksanakan. Bagi pelanggan yang memerlukan air dengan mobil tangki bisa menghubungi nomor telepon (0511) 3252541.dan WA 0811515146,” kata dia.

Atas nama PDAM Bandarmasih, Wahid mengucapkan permohonan maaf kepada pelanggan atas rasa ketidaknyaman karena gangguan layanan.

Sehubungan dengan rencana perbaikan tersebut, Wahid pun mengimbau pelanggan yang bakal terkena dampak bisa mempersiapkan atau melakukan penampungan air lebih awal sehingga bisa digunakan saat pekerjaan perbaikan pipa dimulai. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.