Perkumpulan Pedagang Sepeda Motor Bekas Buka Lapak di Terminal Paringin

0

PARA pedagang sepeda motor di Kabupaten Balangan memiliki kina mengabungkan diri kedalam sebuah organisasi tersendiri. Keberadaan organisasi ini, yakni Persatuan Pedagang Sepeda Motor Balangan (PPSB) menjadi wadah bagi pedagang sepeda motor bekas di Paringin. Tentunya agar kegiatan jual beli sepeda motor bekas semakin teratur.

BUPATI
Balangan, Ansharuddin meresmikan secara langsung PPSB di Terminal Paringin, Balangan, Senin (10/8/2020).
Terminal tersebut juga sekaligus menjadi pangkalan para pedagang untuk menjual sepeda motor bekas. Dimana setiap hari Senin akan selalu dibuka.

“Keberadaan PSBB ini merupakan angan yang sudah lama diinginkan. 17 tahun sudah Balangan jadi kabupaten pemekaran, semasa itu pula keinginan dibentuknya PSBB,” ucap Ansharuddin.

BACA : Gelar Lelang Kue Untuk Pembangunan TK, Uang Puluhan Juta Berhasil Terkumpul

Sebutnya, saat ini Pemkab Balangan akan mengkoordinir keberadaan PPSB di Terminal Paringin, bahkan rencananya akan menyatukan pula dengan pedagang sepeda yang berjualan di Taman Sanggam. Sehingga dijadikan satu wadah, yakni di kawasan terminal.

Sedikitnya, ada ratusan pedagang sepeda motor bekas yang tergabung dalam PPSB. Hal itu disampaikan oleh Ketua PPSB, H Fahmi. Ia menerangkan, keberadaan PPSB merupakan bentuk peningkatan ekonomi kreatif yang dijalankan masyarakat secara mandiri. Dimana para pedagang akan terkumpul  pada satu tempat dan menjalankan usaha jual sepeda motor bekas.

“Hampir setiap kecamatan ada pedagang sepeda motor bekas. Lantas keberadaan PPSB ini menjadi tempat mereka untuk berjualan,” ucapnya.

Ia menyatakan tak ada syarat khusus untuk bergabung menjual sepeda motor bekas di pangkalan resmi itu. hanya saja diwajibkan kendaraan yang dijual memiliki dokumen lengkap. “Kami tidak akan menjual kendaraan tanpa surat alias bodong,” tegasnya.

BACA JUGA :  Blank Spot, Lima Desa Di Balangan Dapat Akses Internet Diskominfo

Pasar sepeda motor bekas akan menggunakan sistem fleksibel. Dalam artian apabila Pemkab Balangan membutuhkan terminal Paringin untuk mengadakan kegiatan pada hari yang sama, yakni Senin, maka pihaknya pun siap berpindah.

Terminal Paringin juga dianggap cukup strategis untuk mengembangkan penjualan sepeda motor bekas. Terlebih, tempatnya yang luas dapat menampung puluhan unit sepeda motor. Tentunya keberadaan lapan sepeda motor yang buka setiap hari Senin itu diharapkan Fahmi dapat meningkatkan ekonomi di Kabupaten Balangan.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.