Ibnu-Arifin-Calon

Intruksi Pusat, Detik-detik Proklamasi di Banjarmasin Bakal Diwarnai Bunyi Sirine

0 113

PERINGATAN detik-detik proklamasi kemerdekaan menjadi momen yang ditunggu masyarakat Indonesia di setiap bulan Agustus.

PEMERINTAH
Pusat mengimbau peringatan proklamasi 17 Agustus 2020 tepat pada pukul 10.17 WIB mendatang akan diwarnai dengan pembunyian sirene di seluruh wilayah Indonesia.

Imbauan ini juga disambut baik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin. Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bilang intruksi dari Pemerintah Pusat itu akan diteruskan ke setiap BPK (Barisan Pemadam Kebakaran) yang ada di Kota Seribu Sungai.

BACA : Tak Ada Panjat Pinang, Simak Pedoman Perayaan Kemerdekaan Di Banjarmasin

“Iya ada membunyikan sirine pada pukul sepuluh nanti,” ucap Ibnu Sina saat disambangi awak media di Rumah Dinas Walikota, Sabtu (8/8/2020).

Selain itu, orang nomor di Kota Banjarmasin ini juga mengimbau warganya untuk menghentikan semua aktivitas saat jelang detik-detik proklamasi kemerdekaan selama tiga menit.

“Termasuk yang di jalan untuk berhenti. Kecuali yang memang tidak bisa dihentikan, bila dihentikan bisa membahayakan kesehatan jiwa,” ujarnya.

Ibnu Sina menyatakan momentum kemeriahan kemerdekaan tetap bisa dirasakan dengan cara lain. Misalnya melaksanakan upacara bendera dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kemeriahan 17 Agustus bisa diwujudkan dengan bentuk lain. Misalnya kita bisa saling berkomunikasi secara virtual,” ucap Ibnu.

Bahkan, orang nomor satu di Kota Banjarmasin ini meminta agar panjat pinang yang menjadi identik di hari kemerdekaan ditiadakan. Mengingat, protokol kesehatan akan sulit diterapkan pada kegiatan tersebut.

BACA JUGA :  Saat New Normal, Jangan Sampai Kalsel Alami Gelombang Kedua Kasus Covid-19

“Kalau pun ada kegaitan tetap menjalankan batasan dan sebagainya. Dan, kegiatan seperti panjat pinang semacam itu, seharusnya tidak dilaksanakan,” ujarnya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Banjarmasin ini tidak ingin pada momentum kemerdakaan nanti justru berpotensi menjadi penularan virus Corona.

Bukan tanpa alasan. Pasalnya, saat ini trend kesembuhan Covid-19 di ibukota Kalsel itu terus meningkat. Bahkan, saat ini sudah ada 6 Kelurahan yang dinyatakan berstatus zona hijau.

“Ini sudah bagus Banjarmasin, sudah beberapa kelurahan masuk zona hijau. Jangan sampai momen 17 Agustus menjadi tempat penularan covid,” tuturnya.

Sebagai upaya untuk tetap memeriahkan momentum tersebut, Pemkot Banjarmasin berencana akan menggelar lomba menyanyi lagu perjuangan yang dihelat secara virtual.

Namun, menurut Ibnu, rencana tersebut masih harus tetap dimatangkan oleh pihak terkait seperti Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Banjarmasin. “Agar semangat perjuangannya tetap bisa dirasakan oleh warga Banjarmasin,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Fahriza
-  I K L A N  -

- I K L A N -

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.