PMI Batola Berbagi Tandon, Sasar Tiga Masjid di Marabahan

0

DI tengah pandemi Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar aksi sosial kemanusiaan membagi tangki cuci tangan (tandon) dan seperangkat alat perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ke sejumlah mesjid di Kota Marabahan.

TERDAPAT 3 tandon berkapasitas 600 liter yang dibagikan kepada 3 mesjid yakni Al-Istiqamah, At-Taqwa, dan Nurul Anwar.

“Bantuan ini merupakan peran serta PMI dalam upaya membiasakan penerapan protokol kesehatan yang salah satunya dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun,” ujar Ketua PMI Batola H Rahmadiian Noor, Rabu (28/07/2020).

BACA JUGA: PKK Batola Bantu Warga Terdampak di Tamban dan Tabunganen
Selain tandon, lanjut Rahmadian Noor, PMI juga membagikan 3.500 paket PHBS yang berisi masker dan sabun cuci tangan di samping juga terdapat ratusan handsprayer yang bisa digunakan untuk penyemprotan disinfektan.

Pembagian tandon ini terbilang tepat mengingat beberapa hari lagi diselenggarakan ibadah Shalat Idul Adha yang dilanjutkan penyembelihan hewan kurban.

Ketua Pengurus Mesjid Al-Istiqamah H Zulkifli Yadi Noor mengatakan, bantuan sangat tepat dan sangat bermanfaat terlebih beberapa hari lagi tiba hari raya Idul Adha sehingga akan selenggarakan Shalat Id.

BACA JUGA: Kapolres Batola Serahkan Jaring Pengaman Sosial Covid-19

Ia menambahkan, bantuan ini juga melengkapi tempat cuci tangan dan sabun yang telah pihaknya sediakan semenjak peribadatan di mesjid diperbolehkan.

Dalam pelaksanaan Shalat Id, tutur Ketua Pengurus Mesjid yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Marabahan itu, panitia telah mempersiapkan protokol kesehatan di antaranya mewajibkan menggunakan masker, pengukuran suhu badan, dan membawa sajadah sendiri, dilarang membawa anak kecil, menjaga jarak, dan tidak bersalaman.

Ia memperkirakan dalam pelaksanaan Shalat Id nantinya, Mesjid Al-Istiqamah bisa menampung sekitar 300-an jemaah masing-masing di ruang induk sekitar 100 orang dan di luar mesjid sekitar 200-an.

Namun demikian, lanjutnya, sekitarnya jemaah yang datang lebih banyak, pihaknya juga mempersiapkan area yang bisa lebih luas meluber ke bekalang mengingat mesjid berada tepat di sisi kanan gang. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.