ACT

Berbobot Hampir 1 Ton, Sapi dari Presiden Jokowi Bakal Disembelih Sabtu Lusa

0 239

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan dipastikan telah menerima sapi kurban pemberian Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang memang setiap tahun selalu mendapat bagian.

SAPI dengan berat sebesar 879,5 Kg berjenis limousin itu diserahkan secara simbolis kepada pengurus Masjid Noor Banjarmasin oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Kamis (30/7/2020) pagi tadi.

Sapi yang diserahkan tahun ini adalah pemenang kontes sapi dari Kabupaten Tapin dengan kisaran harga sekitar Rp 75 juta. 

BACA : Di Banjarmasin Tak Ada Larangan Shalat Ied, Walikota Ingatkan Protokol Kesehatan

Ukuran sapi limousin ini dipastikan lebih besar dari tahun sebelumnya. Sebab, pada tahun lalu pemberian sapi dari orang nomor satu RI ini beratnya hanya mencapai 762 Kg. Dan, diserahkan kepada pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

“Idul Adha tahun ini Pak Gubernur menetapkan Masjid Noor. Kita seleksi memang dari pemenang-pemenang kontes,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kalsel, Suparmi.

Tak hanya sampai disitu, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu juga menyerahkan besek dan bakul purun secara simbolis kepada pengurus Masjid Noor. Alat itu nantinya digunakan untuk membungkus daging kurban setelah proses penyembelihan.

Dari total keseluruhan, ada sebanyak 1.000 besek berbahan purun yang dibagikan Pemprov Kalsel. Mengingat, saat ini sejumlah Pemerintah Daerah dituntut untuk mengurangi sampah kantong plastik.

BACA JUGA : Qurban Presiden Jokowi Di Sabilal Muhtadin Dari Peternak Sapi Lokal

Selain itu, upaya ini juga untuk menghidupkan kembali perekomian pengrajin bakul purun.

Sementara itu, Paman Birin, atas nama rakyat Kalsel mengucapkan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan hewan kurban setiap tahun di Bumi Lambung Mangkurat.

Ia berharap agar masyarakat tidak memandang berat bobot sapi yang diberikan, namun nilai berbagi kepada sesama. “Tidak perlu melihat besar bobot sapi. Tapi nilai berbagi dengan sesama,” ujarnya usai menyerahkan sapi secara simbolis.

Usai diserahkan secara simbolis, hewan kurban ini langsung dibawa ke Rumah Potong Hewan (RPH) Banjarmasin. Rencananya, sapi yang hampir berbobot satu ton dari Presiden Jokowi ini bakal disembelih pada Sabtu (1/8/2020) lusa.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.