ACT

Jamkrida Kalsel Catat Penurunan Jaminan Kredit

0 61

DI TENGAH pandemi virus Corona Covid-19, dampak yang paling berpengaruh yakni kegiatan perekonomian dan bisnis secara lokal maupun global.

BANYAK perusahaan yang sudah menghentikan aktivitas operasinya. Dunia bisnispun dari segala jenis termasuk UMKM hampir tidak berjalan. Bagi para pelaku UMKM yang mendapatkan pinjaman dari Bank pemerintah pun saat ini kurang signifikan pendapatannya.   

Secara tidak langsung bagi perusahaan penjaminan kredit akan berdampak dengan penurunan kredit. PT Penjaminan Kredit Daerah Kalsel  (Jamkrida Kalsel ) pasti berdampak, penjaminan akan menurun juga, ini juga perlu dicermati.

Saat ditemui awak media  Senin  (27/07/2020), Direktur Utama PT Jamkrida Kalsel , Suyanto mengungkapkan pada bulan Maret dan April penjaminan mengalami penurunan sekitar 40 persen.

“Sedangkan pada bula Mei dan Juni turun hingga 60 persen, sehingga UMKM berhati-hati dan masih dalam kondisi kebingungan dalam menjalankan usaha”, ujar Suyato.

Dia berharap pada semester dua tahun ini UMKM  terus bersemangat di masa kehidupan baru ini. Bahkan kalau UMKM memerlukan suntikan dana bisa mengajukan kredit terutama pada Bank Kalsel dan Bank lainnya.   

Saat ini, kredit UMKM saat ini yang dijamin PT.Jamkrida Kalsel sebanyak 23.415 dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 38.476, sementara dana yang tersalurkan sudah mencapai 2,96 Triliun.

“Sedangkan aset Jamkrida Kalsel sendiri sebesar 135 Milyar dari modal yang disetor sebesar 70 Milyar, untuk yang akan datang kita akan mengusulkan kembali suntikan dana dari Pemprov Kalsel sebesar 45 Milyar pada tahun 2021 nanti.” ujar Suyato.

Dia berharap pandemi Covid-19 dapat segera berkahir, karena jika kondisi semacam ini terus berlarut UMKM dan entitas keuangan akan semakin terpuruk.

“Saat ini saja banyak sekali UMKM kita yang bisnisnya harus tumbang karena pandemi Covid-19. Semoga ini bisa segera berakhir agar UMKM bisa bergeliat lagi dan lembaga keuangan pun juga ikut bangkit,” tandasnya. (Jejakrekam)

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.