Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor Sediakan Layanan Rapid Test

0

BANDAR Udara Internasional Syamsudin Noor menyediakan fasilitas layanan rapid test untuk para pengguna jasa bandara maupun masyarakat umum yang berlokasi di Gedung Shelter Bus Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor.

SEHUBUNGAN
dengan tingginya permintaan untuk penyediaan layanan rapid test di kawasan bandara, mulai Senin (27/7/2020) para pengguna jasa bandara maupun masyarakat umum dapat dengan mudah melakukan rapid test yang telah kami sediakan. Hal ini selaras dengan diberlakukannya hasil rapid test.sebagai salah satu dokumen persyaratan terbang sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020,” ujar Suriganata, PTS. General Manager Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor.

Layanan ini merupakan hasil kerjasama dari Manajemen Angkasa Pura I dengan anak perusahaan, Angkasa Pura Suport dan RSU. Syifa Medika. Layanan rapid test ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WITA.

“Biaya yang dikenakan untuk layanan ini sebesar Rp 150.000 untuk satu kali tes dengan hasil pemeriksaan yang dapat langsung diketahui dalam rentang waktu kurang lebih 30 menit. Kami harap dengan adanya layanan ini dapat mempermudah para penumpang untuk melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara,” lanjutnya.

Protokol kesehatan pun turut diterapkan di lokasi pelayanan rapid test di kawasan bandara ini. Para petugas diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum bertugas, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari face shield, masker, sarung tangan, dan baju pelindung. Selain itu area layanan rapid test juga secara rutin dilakukan desinfeksi untuk memastikan kebersihannya.

Tidak hanya para petugas yang wajib menaati protokol kesehatan yang berlaku, namun juga untuk calon peserta rapid test. Para calon peserta diwajibkan untuk mencuci tangan dan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area pemeriksaan.

Penggunaan masker dan penerapan physical distancing juga dilakukan di area ini. Selanjutnya melakukan registrasi dengan membawa kartu identitas dan mengisi formulir yang sudah disediakan.

Setelah itu para peserta rapid test dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan dokter dan pengambilan sample darah. Setelah selesai menjalani tes, para peserta diharap tetap berada di ruang tunggu sampai hasil rapid test keluar.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.