Sudah Zona Hijau, Kelurahan Alalak Tengah Atur Strategi Amankan Kampung Dari Covid-19

0

USAI Kelurahan Belitung Utara mencatat kasus baru dan kembali berstatus zona merah, kini praktis tersisa hanya lima kelurahan di Kota Banjarmasin yang masih ditetapkan status zona hijau Covid-19.

LIMA diantaranya yakni Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kertak Baru Ilir, Alalak Tengah, Mawar, dan Kelayan Luar. Semua kelurahan ini tentunya tak ingin bernasib sama seperti Belitung Utara.

Hal itu diungkapkan Ujud, Lurah Alalak Tengah, Kecamatan Banjarmasin Utara saat dihubungi jejakrekam.com melalui sambungan telepon Whatsapp, Kamis (23/7/2020) sore.

Ujud mengungkapkan, saat ini tim gugus tugas kelurahan Alalak Tengah merangkul seluruh warganya untuk kompak menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik.

BACA JUGA: Ada Dua Kasus Baru, Belitung Utara Kembali Berstatus Zona Merah

Ia pun kini mulai mewanti-wanti warganya untuk patuh menggunakan masker. Bahkan menurutnya, hal itu dilakukan jauh-jauh kondisi seperti sekarang.

Misalnya, kata dia, bila keluar rumah atau bahkan ada urusan administratif di kantor kelurahan Alalak Tengah, tiap warga diwajibkan harus memakai masker.

“Utamanya lebih kepada protokol kesehatan. Warga yang keluar rumah tanpa mengenakan masker, itu diberikan teguran atau diingatkan. Tiap pekan, juga rutin bagi-bagi masker,” ujarnya.

BACA JUGA: Catat Nol Pasien Covid-19, 6 Kelurahan Di Banjarmasin Ditetapkan Zona Hijau

Lebih jauh, Ujud membeberkan jumlah angka kasus positif di kelurahannya tercatat ada 11 kasus. Dari total angka tersebut, semuanya telah dinyatakan sembuh dari penyakit berbahaya asal Wuhan tersebut.

Beruntungnya lagi, dari belasan itu tak ada satu pun warga yang meninggal dunia. Dan sementara ini, di kawasan itu juga tidak ada tanda-tanda bertambahnya kasus atau tak ada pasien berstatus probable (menunggu hasil swab keluar).

“Hasil swab-nya sudah keluar semua. Sudah negatif dan dinyatakan sembuh,” beber Ujud.

Ujud juga mengungkapkan, kawasannya itu sempat bolak balik zona. Di mana semula status mereka sebagai zona hijau, lalu berubah menjadi zona merah. Hingga akhirnya, kembali menjadi zona hijau.

Memang berdasarkan penelusuran dari jejakrekam.com, Kelurahan ini merupakan salah satu kawasan yang mencatat kasus terkonfirmasi positif Covid-19 paling belakangan.

Itu terbukti dari data yang dirilis Dinkes Kota Banjarmasin. Tepatnya pada Sabtu (30/5/2020) lalu, mereka baru mencatat 1 pasien berstatus probable (belum keluar hasil swab).

Kemudian pada Rabu (3/6/2020), Kelurahan Alalak Tengah baru mencatat kasus terkonfirmasi pertama. Di mana dari data menunjukkan ada 3 warga positif Covid-19 dan satu berstatus probable. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.