Polres Tabalong Gelar Operasi Patuh Intan, Tak Pakai Masker Siap-Siap Dirazia

0

POLRES Tabalong menggelar apel kesiapan Operasi Patuh Intan 2020, dilaksanakan di halaman mapolres setempat, pada Kamis (23/07/2020). Operasi Patuh Intan 2020 ini berlangsung selama 14 hari dari hari ini, 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 mendatang.

KAPOLRES Tabalong AKBP M. Muchdori, mengatakan operasi ini dimaksudkan untuk menurunkan angka pelanggaran & kecelakaan lalu lintas sesuai dengan karakteristik wilayah masing masing.

Selain itu, operasi ini juga digelar guna pendisiplinan masyarakat demi mencegah penyebaran covid-19.

“Sebenarnya untuk pelaksanaan Operasi Patuh Intan 2020 hampir tidak ada hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Namun pada tahun ini, ada sedikit kebijakan yakni harus menggunakan masker saat berkendara selama pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menurut Muchdori, hal ini mesti dilakukan karena pandemi Covid-19 belum juga berakhir.

BACA JUGA: Siap-Siap, Polresta Banjarmasin Gelar Operasi Patuh Intan Mulai Hari Ini

Sementara, Kasatlantas Polres Tabalong, Iptu Narendra Rian Agusta menyampaikan ada lima prioritas target pelanggaran pada operasi patuh tahun ini seperti tidak mengginakan helm, melawan arus, pengendara dibawah umur, TNKB tidak sesuai spesifikasi dan spion serta knalpot tidak standar.

“Pengendara tidak menggunakan masker juga menjadi prioritas. Namun sanksinya masih disusun oleh Pemkab Tabalong melalui Peraturan Bupati Tabalong,” ujarnya.

BACA JUGA: Puluhan Pengendara Terjaring Razia, Satu Pelanggar Ancam Petugas dengan Sajam

Meski demikian, apabila di lapangan didapati pengendara yang tidak menggunakan masker, maka pengendara tersebut akan diminta membuat testimoni.

“Mereka akan membuat testimoni terkait alasannya tidak menggunakan masker, yang merupakan bagian dari sanksi sosial sehingga dia akan malu. Kita biasakan budaya malu apabila tidak menggunakan masker selama pandemi,” ujarnya. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.