Gunakan Konsep Berbeda, Hari Krida Pertanian Digelar di Sawah

0

HARI Krida Pertanian ke-48 di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan diperingati dengan konsep berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Upacara kali ini digelar di tengah sawah, Desa Bungur, Kecamatan Batumandi, Rabu (22/7/2020).

PESERTA upacara yang terdiri dari para petani, mengenakan pakaian yang digunakan saat pergi ke sawah. Bupati Balangan Ansharuddin berperan sebagai pembina upacara.

Usai upacara yang berlangsung di lahan persawahan Desa Bungur Kecamatan Batumandi ini, bupati bersama Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman, melakukan penanaman perdana bibit padi IP 200.

BACA : Pemkab Balangan Gelar Peringatan Hari Anak Nasional

Selain itu, dilakukan penyerahan burung hantu untuk dipelihara para petani, yang berguna untuk membasmi hama tikus sebagai musuh utama petani dalam bertani. Syamsir Rahman juga mengapresiasi konsep peringatan Hari Krida Pertanian di Kabupaten Balangan tahun ini, yang digelar langsung di tengah lahan persawahan.

Konsep seperti ini, kata dia, anti-mainstream, berbeda dari peringatan yang biasanya dilakukan di lapangan bahkan di dalam ruangan. “Mungkin di seluruh Indonesia hanya di sini yang memperingati Hari Krida Pertanian dengan konsep seperti ini,” ungkap dia.

Sementara itu, Bupati Balangan Ansharuddin mengatakan, konsep seperti ini memang usulan langsung dari para petani, agar peringatan Hari Krida Pertanian menjadi hari kegembiraan para petani. “Peringatan seperti ini juga sebagai bentuk penghargaan bagi petani yang merupakan garda terdepan terhadap ketahanan pangan nasional,” tandas dia.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.