Ada Dua Kasus Baru, Belitung Utara Kembali Berstatus Zona Merah

0

BELUM genap satu pekan ditetapkan status zona hijau oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Kelurahan Belitung Utara di Kecamatan Banjarmasin Barat kembali mencatat dua kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19.

FAKTA
tersebut diungkap langsung oleh Lurah Belitung Utara, Amrullah saat dikonfirmasi awak media di Banjarmasin, Kamis (23/7/2020) siang.

Menurut Amrullah, dua kasus baru itu diketahui empat hari pasca Dinkes Banjarmasin mengumumkan secara resmi bahwa 6 kelurahan menjadi zona hijau. Salah satunya Kelurahan Belitung Utara.

BACA : Catat Nol Pasien Covid-19, 6 Kelurahan Di Banjarmasin Ditetapkan Zona Hijau

“Benar, info terbaru dari Puskesmas Kuin Raya bahwa ada dua warga yang positif karena hasil swab-nya baru keluar kemarin,” kata Amrullah.

Meski demikian, Amrullah menerangkan bahwa dua warganya yang baru dinyatakan positif Covid-19 itu berstatus kontak erat atau tanpa gejala. Menurutnya, kini mereka sudah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Selain itu, lanjut Amrullah, gugus tugas kelurahan bersama warga setempat telah memberi bantuan sembako kepada yang bersangkutan. Bantuan tersebut berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat sebagai bekal selama menjalani isolasi mandiri.

“Setelah ada kabar itu, kami dan pihak puskesmas langsung ke rumahnya untuk minta melakukan karantina mandiri, sekaligus memberikan bantuan,” tambahnya lagi.

BACA JUGA : Kasus Corona Di Banjarmasin Mulai Melandai, Pemkot Siapkan Strategi Khusus Tekan Penularan Covid-19

Pria yang akrab disapa Aam ini juga mengungkapkan, di kelurahannya sendiri tercatat ada 22 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dua orang diantaranya dalam perawatan, 18 orang dinyatakan sembuh dan dua orang lagi meninggal dunia.

“Itulah wilayah ini dinyatakan bersih atau zona hijau. Namun ada tambahan baru lagi dua orang karena swab-nya baru keluar,” tutupnya.

Namun yang menjadi menarik, data yang diungkap Lurah Belitung Utara itu justru berbeda dengan data update terakhir Dinkes Banjarmasin per Rabu (22/7/2020) pukul 16.00 Wita kemarin.

Dari data resmi yang dirilis pemerintah, Kelurahan Belitung Utara mencatat sebanyak 23 kasus terkonfirmasi positif atau case confirmated. Dari sebanyak itu, 21 warga dinyatakan sembuh dan dua lagi sisanya meninggal dunia.

Sebelumnya, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banjarmasin mencatata sudah ada enam kelurahan yang sudah menjadi zona hijau. Yakni Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kertak Baru Ilir, Alalak Tengah, Mawar, Belitung Utara, dan Kelayan Luar.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.