Jelang Tes Kesehatan, Kapolda Kalsel Pastikan Seleksi Akpol Bersih Dan Transparan

0

KAPOLDA Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, memimpin Sidang Terbuka menuju pemeriksaan kesehatan (Rikkes) Tahap II Seleksi Penerimaan Taruna Akademi Kepolisian dan Tamtama tahun 2020, Selasa (21/7/2020).

KEGIATAN yang digelar di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel ini turut di hadiri Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, Irwasda Kombes Pol Djoko Poerbohadijojo, pejabat utama Polda Kalsel, pengawas internal dan eksternal, serta Perwakilan orang tua calon Akpol.

Nico memastikan proses seleksi penerimaan Taruna Akpol maupun Tamtama Polri yang sementara berlangsung berjalan bersih dan transparan.

“Tidak akan ada perlakuan khusus bagi peserta seleksi Akpol maupun Tamtama, semua harus berjalan transparan serta bersih,” tegasnya.

Nico menginstruksikan Panitia agar pelaksanaan seleksi dapat mengacu pada prinsip ‘Betah’ (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dengan berbasis teknologi informasi yang merupakan implementasi dari salah satu program prioritas Kapolri ke-1 (satu) yaitu Mewujudkan SDM yang unggul melalui proses rekruitmen.

“Seluruh tahapan seleksi terbuka, tidak ada perlakuan khusus terhadap peserta seleksi, semua data bisa kita pertanggungjawabkan, selain itu selalu buka kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan keluhan atau hal-hal yang tidak berkenan kepada Panitia,” ucap Nico.

Bukan tanpa alasan, dalam proses seleksi, Kapolda, Wakapolda dan para pejabat teras Polda Kalsel terus mengikuti dan mengawasi langsung jalannya rangkaian tes penerimaan Akpol.

BACA JUGA : Polda Kalsel Jamin Penerimaan Calon Akpol Bebas Pungli

Menurutnya, dalam sebuah proses seleksi, pasti terdapat peserta yang lolos maupun tidak. Oleh karena itu dalam prosesnya nanti, peserta yang tidak lolos dapat menjadikan pengalaman sebagai bahan evaluasi untuk seleksi berikutnya.

Dia menyebut tujuan utama proses rekruitmen Polri yakni melahirkan personil Polri yang profesional dalam bidang tugasnya, serta dapat menjadi insan pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dengan tetap menjadi penegak hukum yang jujur dan adil dalam memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat.

“Kepada para peserta seleksi selamat mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, jaga kesehatan sampai seluruh tahapan seleksi selesai. Bagi yang belum lolos, agar dijadikan evaluasi untuk bisa diperbaiki sehingga bisa berusaha pada seleksi tahun berikutnya,” tutup Nico. (Jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny Muslim

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.