Terpapar Covid-19, Tiga Calon Mahasiswa ULM Terpaksa Tak Bisa Ikut SBMPTN 2020

0

UNIVERSITAS Lambung Mangkurat (ULM) telah tuntas menggelar pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 digelar pada 5-12 Juli 2020 lalu.

DARI ribuan calon mahasiswa yang mendaftar di ULM, ternyata ada 3 orang di antaranya yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Dr Aminuddin Prahatama Putra membenarkan tiga calon mahasiswa ULM positif Covid-19. Namun ketiga calon mahasiswa tersebut tidak mengikuti UTBK tahap pertama.

“Ada tiga yang positif, yang pertama merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang sedang dirawat di rumah sakit,” ucap Aminuddin kepada jejakrekam.com, Senin (20/7/2020).

BACA : Akibat Pandemi Corona, UTBK SBMPTN 2020 di ULM Dibagi Dua Sesi

Calon mahasiswa kedua sedang menjalani isolasi mandiri. Yang bersangkutan sudah tes swab dengan hasil terakhir negatif, tinggal sekali lagi tes swab sebelum dinyatakan bebas Covid-19.

“Dan satu calon mahasiswa, baru saja mengikuti rapid test dengan hasil reaktif. Oleh karena itu, yang bersangkutan memilih untuk tidak mengikuti UTBK tahap pertama untuk menimalisir risiko,” kata dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP ULM ini.

Amin mengatakan kasus calon mahasiwa yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah dilaporkan kepada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Dengan hasil rekomendasi ketiga calon mahasiwa tersebut akan mengikuti tes UTBK jilid kedua, dengan cacatan sudah siap mengikuti UTBK.

BACA JUGA : Tim Pakar ULM Sarankan Kebijakan Publik yang Dinamis Tangani Covid-19 di Kalsel

“Jadwalnya itu dari 22 Juli sampai 29 Juli 2020 mendatang, cuma belum diputuskan tiga orang ini dimana (tempat) dan jadwal itu. Tetapi, kami sudah menyiapkan untuk setting sesi pada gelombang kedua dengan rentang waktu satu minggu,” jelas doktor pendidikan sains lulusan Unesa Surabaya ini.

Sebelum mengikuti UTBK, ULM menunggu hasil terkini apakah sudah dinyatakan negatif atau positif sebelum 22 Juli ini. “Malam ini, kami akan rapat virtual dengan LTMPT untuk menentukan jadwal,” timpalnya.

Amin memastikan ketiga calon mahasiwa jika memang sudah siap mengikuti ujian, ULM akan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat dengan ditangani Lambung Mangkurat Medical Center.  

BACA JUGA : Pakar Antropolog ULM Sarankan Narasi Humanisme Ditonjolkan Dalam Menangani Covid-19

Direktur Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin menyebut andai ketiga calon mahasiswa tersebut memilih untuk tidak mengikuti UTBK tahap kedua, demi menimalisir risiko, ULM menyarankan untuk mengikuti calon tes mandiri ULM. Kemudian, uang pendaftaran akan dikembalikan.

“Masih ada waktu sebulan lagi sebelum mengikuti ujian mandiri ULM,” tandas Amin.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.