Usai Demokrat, PKB Diraih Ibnu Sina? Hilyah Aulia : Kami Sami’na Wa Atho’na!

0

MANUVER politik senyap yang dimainkan sang petahana, Walikota Ibnu Sina untuk menatap langkah politik menuju perhelatan pemilihan Walikota-Wakil Walikota (Pilwali) Banjarmasin 2020, terbukti efektif.

USAI mengklaim mengantongi surat rekomendasi dari DPP Partai Demokrat yang langsung diserahkan sang ketua umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, pada akhir Juni 2020 lalu.

Kini, daya gedor Ibnu Sina sebagai incumbent makin menguat. Ini setelah, DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memiliki lima kursi di DPRD Banjarmasin pun telah mengeluarkan surat ‘sakti’ untuk mantan Ketua DPW PKS Kalsel tersebut.

Kabar ini pun dibisikkan orang dekat Walikota Ibnu Sina kepada jejakrekam.com, Jumat (17/7/2020) bahwa Ibnu Sina sudah bertemu dengan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar di Jakarta.

Bahkan, Ibnu Sina dikabarkan telah mengantongi surat dukungan parpol yang didirikan tokoh Nahdlatul Ulama (NU), KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut.

BACA : Instruksi Cak Imin, PKB Banjarmasin Lebih Pilih Usung Kader Sendiri di Pilwali 2020

Praktis, langkah politik Ibnu Sina pun aman. Karena sudah mengantongi 10 kursi koalisi parpol pengusung. Karena, baik Demokrat maupun PKB sama-sama memiliki 5 kursi di DPRD Banjarmasin hasil Pemilu 2019. Sedangkan, syarat minimal ambang batas atau parliamentary threshold (PT) 20 persen, mensyaratkan cukup bermodal 9 kursi sudah bisa mengusung sang jago di Pilkada 2020 mendatang.

“Cak Imin (Muhaimin Iskandar) sudah memberi surat dukungan resmi kepada Ibnu Sina,” kata sumber ini minta tak dikutip namanya.

BACA JUGA : Klaim Didukung Demokrat, Ibnu Sina Incar Dua Parpol Pengusung Lagi

Terpisah, Ketua DPC PKB Kota Banjarmasin Hilyah Aulia menuturkan pihaknya sudah menjalankan semua prosedur pencalonan, seperti membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah, hingga menggelar uji kelayakan dan kepatutan.

“Nanti kami akan mengumumkan (calon yang akan diusung). Kami masih menunggu arahan dari DPP PKB, karena proses sudah kita lewati semua,” ucap Hilyah.

BACA JUGA : Maju Berlaga di Pilwali Banjarmasin, Walikota Ibnu Sina Kantongi Surat Dukungan Demokrat

Dia mengakui publik sudah menunggu keputusan yang akan diambil oleh DPP PKB, untuk kepastian bakal calon yang akan diusung. Ketua Fatayat NU Kalsel ini memastikan kader PKB di Kota Banjarmasin taat dan tunduk atas kebijakan dari partai mengenai calon yang diusung, termasuk kandidat yang berasal dari eksternal partai.

Ketua DPC PKB Banjarmasin Hilyah Aulia

“Kami sami’na wa atho’na (kami mendengar dan kami taat) apapun keputusan dari DPP PKB. Kami menjalankan semua prosedur dan proses,tinggal keputusan dari pusat,” tandas Ketua Fraksi PKB DPRD Banjarmasin ini.

BACA JUGA : Walikota Ibnu Sina Didukung Demokrat? PKS Bantah Klaim Sepihak Usung Haris-Yuni

Sekadar diketahui, Ibnu Sina santer dikabarkan bakal menggandeng Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin Arifin Noor di Pilwali Banjarmasin. Nama Ibnu Sina pun menguat, karena berdasar hasil survei, masih menempati urutan teratas dibandingkan figur-figur lainnya yang mengemuka belakangan ini.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.