ACT

Berikan Kemudahan, Dukcapil Balangan Berencana Datangkan Mesin ADM

0 73

BUKAN hanya memaksimalkan pelayanan secara online, guna memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat terkait dokumen kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Balangan juga berencana mendirikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

DENGAN adanya ADM ini, maka nantinya warga bisa mencetak berbagai kartu identitas atau dokumen kependudukan yang dikeluarkan Dukcapil secara mandiri atau cetak sendiri.

Namun rencana penempatan ADM ini, menurut Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Balangan Hifziani, tidak bisa direalisasikan dalam waktu dekat. Padahal rencana awal, kata Hifziani, pihaknya berencana dalam tahun 2020 sudah ada minimal satu buah ADM di Balangan.

BACA : Permudah Masyarakat, Dukcapil Balangan Luncurkan Acil Langkar

“Namun karena ada wabah pandemi Covid-19 dan pengurang anggaran untuk penanganan Covid ini, maka kita tunda pengadaan ADM,” ujar Hifziani saat berbincang dengan wartawan, Kamis (16/7/2020).

Keberadaan ADM sendiri, menurut Hifziani, akan lebih mempermudah proses pembuatan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

“Dengan ADM ini, masyarakat bisa mencetak berbagai dokumen kependudukannya sendiri. Tidak hanya mempersingkat waktu, namun mesin ADM juga dapat mencetak berbagai dokumen dukcapil, seperti KTP elektronik, akta kelahiran, kartu keluarga, kartu identitas anak (KIA), dan akta kematian,” bebernya.

BACA JUGA :  Gunakan Kertas HVS Dan Tanda Tangan Elektronik, Pembuatan Dokumen Kependudukan Makin Mudah

Selain itu, lanjut dia, dengan ADM ini masyarakat juga bisa melakukan proses permohonan pembuatan dokumen dukcapil lebih cepat. Nantinya masyarakat dapat datang secara langsung ke dukcapil atau melalui online. Kemudian, jika telah mengajukan permohonan, pemohon bisa langsung mencetak dokumen dukcapil dengan cepat, mudah, gratis, dan berstandar sama.

“Lalu dalam proses pencetakan dokumen, masyarakat tidak perlu datang ke kantor dukcapil lagi. Namun, bisa mendatangi mesin ADM. Cukup dari ADM, (mencetak dokumen) tidak perlu ke kantor dukcapil. Sistem ini bekerja dengan pengaman NIK, pin, dan QR code,” tegasnya.

Terlepas dari itu semua, kata Hifziani, pihaknya sebagai garda depan dalam pelayanan terus berbenah agar pelayanan yang diberikan mudah,  murah dan cepat. “Pelayanan kepada masyarakat terus kami tingkatkan agar semuanya menjadi semakin muda dan cepat sesuai keinginan masyarakat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.