Pokja Banmus DPRD Tanah Bumbu Kungker Ke DPRD Banjarmasin

0

DPRD Kota Banjarmasin menerima kunjungan kerja (kunker) Pokja Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (13/7/2020) siang.

KUNJUNGAN dilaksanakan untuk menggali informasi terkait penyusunan agenda kegiatan dewan yang dijadwalkan oleh Banmus.

Dalam kunjungan kerja itu, Pokja Banmus DPRD Tanah Bumbu diterima Sekretaris DPRD Kota Banjarmasin, Esya Zain Hafizi.

“Untuk mensikronkan antara kegiatan legislatif dalam hal ini DPRD dengan pihak eksekutif, sehingga agenda yang sudah dijaduwalkan olel Banmus tidak berbenturan dan berjalan lancar,” kata Ketua Pojka Banmus DPRD Tanah Bumbu, Syamsiar, usai pertemuan kepada sejumlah wartawan.

Syamsiar menjelaskan, tidak jarang agenda kegiatan DPRD yang sudah dijadwalkan di Banmus harus ditunda, praktis mengalami perubahan lantaran pada saat bersamaan berbenturan dengan agenda pihak eksekutif atau SKPD .

Akibatnya, rapat komisi dengan mengundang SKPD sesuai mitra kerja masing-masing, pembahasan RAPBD atau rapat paripurna yang sebelumnya sudah terjadwal otomatis ditunda dan terpaksa dijadwalkan ulang.

“Baik agenda rapat uang diusulkan oleh legislatif maupun yang diusulkan oleh pihak eksekutif, ” ujar poitisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

BACA JUGA : Kunker DPRD Berisiko Tinggi, Fauzan Ramon : Jangan Sampai Terkait Uang Saku

Menurutnya, selama ini sesuai tata tertib (tatib) DPRD Tanah Bumbu setiap agenda rapat diusulkan oleh alat kelengkapan dewan (AKD) melalui melalui Banmus. Setelah itu ujarnya, dibahas dan oleh Banmus untuk dijadwalkan.

Menyinggung perubahan jaduwal, Syamsiar menjelaskan tergantung berapa besar bobot atau apakah ada perubahan jaduwal itu sendiri.

“Jika sifatnya tidak terlalu penting, maka hanya cukup diputuskan oleh pimpinan dewan, namun jika ada sifatnya sangat penting, maka perubahan jaduwal dibawa pada rapat paripurna,” ujarnya.

Syamsiar mengemukakan, Banmus menjadi salah satu alat kelengkapan dewan yang sangat strategis dan sangat berperan dalam mengagendakan setiap kegiatan dewan, maupun dalam menentukan rapat paripurna .

Dia menjelaskan Banmus DPRD Kabupaten Tanah Bumbu kini terus berupaya meningkatkan kapasitasnya dalam menjalankan tugas dan fungsi strategisnya dalam menyusun rencana kerja DPRD.

“Tidak hanya itu , program kegiatan yang disusun dalam jaduwal kegiatan DPRD Tanah Bumbu juga terus diupayakan agar mampu mempresentasikan penyelenggaraan tugas dan fungsi DPRD,” tutup Syamsiar. (Jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny Muslim

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.