Bank Kalsel Amuntai Pelopori Terciptanya Bank Kalsel Corner Pertama di Indonesia

0

BANK Kalsel Cabang Amuntai mempelopori terciptanya gebrakan baru bahkan untuk pertama kali di Indonesia khususnya Kalsel sendiri telah hadir Bank Kalsel Corner yang bertempat di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

HAL tersebut diungkapkan  Direktur Bank Kalsel Cabang Amuntai, Fahriza Nor Asli saat melakukan peresmian kegiatan tersebut. Dirinya mengatakan Bank Kalsel Corner merupakan bagian dari program sosialisasi Bank pemerintah daerah yang diharapkan dapat meminimalisir rendahnya minat baca masyarakat Indonesia.

“Bank Kalsel corner adalah suatu pojok atau fasilitas yang memberikan edukasi tentang peran dan fungsi bank sentral yang dapat diakses melalui koleksi cetak maupun elektronik, Atas nama jajaran direksi Bank Kalsel berterima kasih banyak atas kerjasama semua pihak,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

BACA : Bank Kalsel Terus Bersinergi Dan Beri Dukungan Pemkab HSU Lawan Covid-19

Pihaknya sangat mendukung dengan kegiatan Bank Kalsel Corner, karena buku merupakan salah satu alat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan banyak membaca. “Semoga buku – buku yang kami berikan atau sumbangkan itu bisa bermanfaat pada masyarakat,” ujarnya.

Sudah selayaknya Bank Kalsel terus meningkatkan sinergitas dengan berbagai program yang ada di HSU untuk dikembangkan karena Bank Kalsel juga merupakan milik pemerintah daerah. “Semoga ini bermanfaat, dan Bank Kalsel Corner bisa menjadi contoh dan diikuti oleh kabupaten/kota lainnya di Kalsel,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dispersip HSU, Hj Lailatanur Raudah mengatakan pentingnya kerjasama dan kolaborasi semua stakeholder SKPD, Forkopimda, BUMD, dan BUMN dalam pengembangan Perpustakaan dan kebudayaan, kegemaran membaca, sesuai dengan undang-undang 43 tahun 2007 tentang perpustakaan sesuai peraturan daerah Kabupaten HSU, nomor 03 tahun 2020 , tentang pengelolaan perpustakaan di kabupaten HSU.”

“Perpustakaan sekarang sudah bertranformasi menjadi sahabat masyarakat dalam menciptakan SDM yang unggul,” ucapnya.

BACA JUGA : Bank Kalsel Semarakkan Lomba Logo Dan Tema HUT HSU Ke-68

Melalui kegiatan tranformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai aktivitas pendampingan keahlian sesuai bidangnya masing-masing yang difasilitasi oleh perpustakaan umum daerah, sesuai dengan arahan dari kepala perpustakaan nasional, Bappenas RI dan Kemendagri , dalam rapat koordinasi nasional dan perpustakaan tahun 2020 Februari kemarin di Jakarta.

“Kolaborasi dan kerjasama tentu bersama Bank kalsel dengan adanya bank Kalsel Corner ini di perpustakaan umum daerah HSU, diharapkan dapat berdampak nyata dalam peningkatan ekonomi keluarga melalui kegiatan perpustakaan berbasis inklusi sosial yang pada akhirnya berdampak pada income pendapatan masyarakat HSU,” paparnya.

Adapun penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Direktur Bank kalsel Cabang Amuntai dan juga Kepala Dispersip kab.HSU, Sekaligus penyerahan Bantuan untuk kegiatan Pemilihan Duta Genre & Jambore PIK Remaja Kab.HSU Tahun 2020 senilai Rp 8.860.000,- dan Penyerahan Bantuan sarana & Prasarana Library Corner Dari bank Kalsel senilai Rp. 25.822.000,-

Pada kegiatan tersebut diawali dengan rangkaian acara pemotongan tali pita secara simbolis oleh Direktur Bank kalsel Cabang Amuntai bapak Fahriza Nor Asli dan disaksikan Oleh Ketua Tim Penggerak PKK (TP.PKK) kabupaten HSU Dra Hj Anisah Rasyidah Wahid, M.AP dan Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dispersip) HS Hj Lailatanur Raudah.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.