ACT

KJP CPS Siap Bangun Desa Emas di Kalsel Bersama Fakultas Pertanian ULM

0 183

UNTUK mensukseskan program desa emas di Provinsi Kalsel, Koperasi Jasa Profesi (KJP) Cipta Prima Sejahtera terus melakukan sejumlah terobosan, salah satunya melakukan penandatangan kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk produk turunan kelapa sawit, kelapa dan produk pertanian lainnya, Senin (13/7/2020) di Aula Fakultas Pertanian ULM Banjarbaru.

“MELALUI kerjasama ini kami berharap ke depannya program desa emas yang sekarang sedang kita garap di Provinsi Kalsel dapat berjalan semakin baik lagi karena didukung oleh akademisi yang punya kompetensi dibidangnya,” ungkap Ketua KPJ Cipta Prima Sejahtera H Hilmi Hasan.

Program desa emas sendiri merupakan sebuah program yang digagas untuk mendorong hadirnya satu industri dalam satu desa yang terintegrasi dengan perkebunan kelapa sawit.

BACA : Kalsel Bakal Manfaatkan Limbah Sawit Jadi Ladang Energi Listrik

Nantinya industri tersebut akan dikelola oleh masyarakat desa melalui koperasi atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan akan membuat berbagai macam produk turunan kelapa sawit, kelapa dan produk pertanian lainnya menjadi sebuah produk yang bernilai jual tinggi.

“Kami berharap dengan adanya kerjasama ini produk yang dibuat oleh masyarakat desa yang menjadi lokasi desa emas dapat semakin beragam. Karena untuk sementara ini produk yang dihasilkan masih sebatas Virgin Coconut Oil (VCO) dan Virgin Palm Oil (VPO),” tambahnya.

Saat ini KJP Cipta Prima Sejahtera sudah mulai merealisasikan program desa emas di beberapa desa yang dekat dengan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Tanah Laut, seperti desa Jelatan, Katalan, Damar Lima, Pandan Sari, Sungai Riam dan Gunung Raja.

“Harapan kami dengan hadirnya program desa emas ini tidak hanya dapat menciptakan peluang usaha maupun lapangan kerja bagi masyarakat desa, tapi juga mampu mensukseskan program nawacita Presiden Joko Widodo dalam hal kemandirian desa,” tegasnya.

BACA JUGA : Dekan FPK ULM Nilai Produk Ikan Kalsel Saatnya Menembus Pasar Global

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian ULM, Bambang Joko Priatmadi mengaku siap mendukung KJP Cipta Prima Sejahtera dalam menciptakan lebih banyak desa emas di Provinsi Kalsel.

Saat ini dengan riset-riset yang dimiliki oleh Fakultas dibawah kepemimpinannya, tentunya dirinya optimis mampu berkolaborasi untuk melahirkan teknologi hingga produk baru untuk produk turunan kelapa sawit, kelapa dan produk pertanian lainnya.

“Perguruan Tinggi kan punya Tri Dharma yang dari salah satu fungsinya adalah pengabdian ke masyarakat. Nah langkah kerjasama ini merupakan upaya konkrit kami dalam melaksanakan fungsi pengabdian masyarakat tersebut,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.