ACT

Bantu Alat PCR Covid-19, PT Pama Jalin Kerjasama dengan Polda-Pemprov Kalsel

0 118

UPAYA percepatan penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan, terutama untuk penanganan pasien agar pemeriksaan PCR lebih cepat dilakukan banyak pihak.

SALAH satunya, Polda Kalsel bersama Pemprov Kalsel dan PT Pamapersada Nusantara (Pama), anak perusahaan PT Astra Internasional Tbk ini menjalin kerjasama lewat penandatangan kesepakatan di Banjarmasin, Senin (13/7/2020).

Hal ini untuk menyikapi laju penyebaran virus Corona yang terus bertambah tiap hari. Sasarannya agar para pasien yang terpapar Covid-19 bisa mengetahui kepastian lewat uji PCR. Polymerase Chain Reaction (PCR) berfungsi untuk mendiagnosis pasien Covid-19 secara akurat dengan menguji sampel lendir (swab).

BACA : Spesimen Swab Banjarmasin Menumpuk, Walikota Ibnu Sina Ingin Beli Alat RT-PCR Sendiri

Kondisi itu pun membuat PT Pamapersada Nusantara memberikan bantuan berupa alat PCR, alat ekstraksi dan alat utama pendukung lainya guna menambah percepatan penanganan uji laboratorium.

Gubernur Kalsel H Sabirin Noor menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada perusahaan kontraktor tambang seperti PT Pamapersada Nusantara yang telah berpartisipasi dan bergotong royong menghadapi wabah Covid-19.

“Upaya percepatan penanganan Covid-19 ini sekarang berjalan semakin massif. Saya atas nama Pemprov Kalsel dan rakyat Banua mengucapkan terimakasih. Semoga hal ini bisa diikuti para pengusaha yang lain,” ucap Paman Birin, panggilan akrab kepala daerah ini. 

BACA JUGA : Labkes Provinsi Kalsel Sangat Layak Jadi Rujukan Tes PCR Covid-19

Senada itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta mengatakan akan selalu mendukung kebijakan pemerintah pusat, khususnya Pemprov Kalsel.

“Kami menyiapkan rumah sakit, bahkan kalau diperlukan sarana dan prasarana lain siap diperbantukan. Seperti Kantor SPN Banjarbaru, Kantor Direktorat Polairud Polda Kalsel di Banjarmasin, sehingga warga yang terpapar Covid-19 yang perlu dikarantina, bisa ditempatkan di sana,” ucap jenderal bintang dua ini.

BACA JUGA : Bengkak Jadi Rp 170 Miliar, Pemkot Banjarmasin Terhitung 5 Kali Revisi Anggaran Covid-19

Direktur PT Pamapersada Nusantara, Ari Sutrisno melalui saluran virtual mengatakan, sinergi antara pemerintah dengan industri pertambangan harus terus didorong dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Karenanya, PT Pamapersada Nusantara berinisiatif untuk bekerjasama dalam rangka pelayanan pasien Covid-19. Dalam kesempatan ini, kami mempersembahkan 1 set alat PCR,  alat ekstraksi dan alat utama pendukung lainya, sehingga bisa mempercepat penanganan Covid-19 di Kalsel,” paparnya.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.