Lulus Rikkes Tahap Pertama, 49 Catar Akpol Polda Kalsel Jalani Test Psikologi

0

SELEKSI penerimaan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di tingkat Panitia Daerah (Panda) Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) Tahun Anggaran 2020 memasuki tahap Pemeriksaan Psikologi, Kamis (9/7/2020).

BERTEMPAT di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, sedikitnya diikuti 49 Calon taruna (Catar),yang terdiri dari 48 laki-laki dan 1 perempuan. Para Catar yang mengikuti test psikologi ini merupakan Catar yang dinyatakan telah memenuhi syarat dalam pemeriksaan kesehatan tahap pertama, yang dilaksanakan dan diumumkan pada Senin lalu.

Test tersebut dipantau dan dibuka langsung oleh Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si didampingi Kabag Psikologi Ro SDM AKBP Novian Susilo, S.Psi., M.M, dan Kabag Dalpers Ro SDM AKBP Moh. Zamroni, S.I.K., dihadiri Pengawas Eksternal dan Internal.

Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si dalam sambutannya, mengatakan, yang diperlukan saat mengerjakan test psikologi adalah ketenangan.

BACA JUGA : Penerimaan Calon Taruna Akpol dan Tamtama Polda Kalsel Mulai Bergulir

“Percaya pada kemampuan diri sendiri, penuh ketenangan dan jangan berbuat curang. Selamat mengikuti test, semoga mendapat hasil yang baik,” tuturnya memotivasi para calon Taruna.

Sementara itu Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Ari Wahyu Widodo, S.I.K. melalui Kabag Psikologi Ro SDM AKBP Novian Susilo, S.Psi., M.M, selaku Ketua Tim Psikologi menerangkan, test ini terdiri dari kecerdasan, kepribadian dan sikap kerja.

“Test ini menerapkan sistem one day service. Baik test, pemeriksaan hasil maupun pengumuman dilakukan pada hari yang sama,” jelasnya.

Pelaksanaan test diawasi secara ketat oleh Tim Pengawas Internal (Itwasda dan Bid Propam Polda Kalsel) dan Tim Pengawas Eksternal (LSM).

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kecurangan, juga sebagai bukti dikedepankannya prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dalam tiap tahapan seleksi di lingkungan Polri.

Test tersebut dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Seluruh Panitia maupun Peserta wajib diperiksa suhu tubuh dan mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan, wajib memakai masker, serta pengaturan jarak tempat duduk peserta.(Jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny Muslim

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.