DPRD Kalsel Prihatin, Banyak Tenaga Medis Jadi Korban Covid-19

0

BANYAKNYA tenaga medis yang  meninggal akibat Covid-19, membuat prihatin wakil rakyat di DPRD Kalsel. Padahal mereka berjuang mengobati pasien. Karenanya, tenaga medis ini bisa lebih menjaga dirinya agar tidak tertular dengan menerapkan protokol kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada pasien. 

“KITA prihatin dengan jatuhnya korban dari tenaga medis ini,” ujar Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK kepada wartawan di Banjarnasin, Kamis (9/7/2020).

Karenanya lanjut H Supian HK, keberadaan gugus tugas saat ini juga harus bisa menyusun protokol pengamanan Covid-19, terutama untuk tenaga medis, agar mereka lebih terlindungi dan tidak menjadi korban penyebaran Covid-19.

BACA : Kabar Duka, Satu Tenaga Medis RSUD Ulin Banjarmasin Kembali Gugur Melawan Covid-19

Menurut politisi Golkar ini, kelengkapan alat pelindung diri (APD) juga perlu disiapkan dalam jumlah cukup, dan tidak terbatas seperti sekarang, serta digunakan sebagai manamestinya agar bisa melindungi tenaga medis dari paparan Covid-19.

Untuk itu, ia mengingatkan masyarakat dan semuanya agar menerapkan protokol kesehatan di setiap kesempatan, diantaranya sering mencuci tangan jangan sampai bosan, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan jaga imunitas tubuh agar anti bodi tubuh bisa mencegah masuk “Ini untuk melindungi dari paparan Covid-19,” tegas H Supian HK

Saat ini imbuhnya, masih banyak  masyarakat yang tak sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker saat keluar rumah, dan ini terlihat di jalan ataupun pasar.Karenanya jangan heran, jika Kalsel menjadi zona merah penularan Covid-19, karena banyak masyarakat yang belum sadar melindungi dirinya.

BACA JUGA :  IDI Kalsel Sebut Lebih dari 20 Dokter Telah Terinfeksi Covid-19

Sebab itu, kata dia, untuk mengatasi Covid-19 diperlukan kerjasama semua pihak dalam upaya pencegahan virus asal Wuhan tersebut. Karena seberapa kuat dan hebatnya program pemerintah tanpa dukungan masyarakat sangat sulit mengatasi wabah virus Covid 19 ini.

“Kunci keberhasilan penanganan Covid-19 adalah kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.