Tina Sudah Jalani Operasi Tahap Pertama

0

TINA (20 tahun), usai menjalani operasi pertama untuk pembuatan lubang napas dan asupan makanan ke dalam tubuh sempat kehilangan suara untuk berbicara untuk sementara.

MENURUT relawan GJB DAI Tabalong Nani, Tina yang menderita tumor ganas itu sudah menjalani operasi tahap pertama di Rumah Sakit Darmais, Jakarta. Operasi pertama yang dilakukan adalah pembuatan lubang napas dan asupan makanan ke dalam tubuhnya.

“Untuk membantu pernapasannya, ada operasi di lehernya. Mungkin efek dari operasi ini sementara, Tina belum bisa mengeluarkan suara untuk berkomunikasi,” jelas Nani.

Tina berusaha untuk berkomunikasi verbal, tapi sayang, tak satu kata pun mampu diucapkannya. Hingga, Tina pun meminjam pulpen dan kertas dengan bahasa isyarat. Dia lantas menulis di selembar kertas. “Kenapa, gak bisa bicara,” tulis Tina menggunakan pulpen di kertas. Pada kertas lainnya tampak Tina menulis, “Sampai kapan gak bisa bicara?” tulisnya.

Nani, yang sempat menemani Tina di Darmais bersama Hayutun Nufus merasa sedih membaca tulisan Tina. Tetapi dia pun menenangkan Tina, bahwa dirinya bukan tak bisa berbicara. Hanya saja, karena sedang ada alat bantu napas di lehernya, sementara belum bisa berbicara. Namun itu akan membuatnya lebih nyaman dalam bernapas, terang mantan Kades Desa Suput ini.

Sebagaimana diketahui warga Suput Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, yang menderita tumor ganas itu kini sudah menjalani operasi tahap pertama di Rumah Sakit Darmais, Jakarta. Operasi pertama yang dilakukan adalah pembuatan lubang napas dan asupan makanan ke dalam tubuhnya.

Koordinator Gerakan Jumat Berkah Duta Abulyatama Indonesia (GJB-DAI) Tabalong Erlina Effendi Ilas mengatakan, Ratina atau Tina sudah menjalani perawatan sekira 3 Minggu lebih di Jakarta dan telah menjalani operasi pertama di RS Darmais.

Saat ini, Tina didampingi oleh ibu dan saudara  lelakinya, Aldi. Relawan DAI yang sebelumnya sempat melakukan pendampingan seperti Nani dan Hayatun Nufus telah ditarik pulang. Hal tersebut karena keluarga Tina dinilai mandiri dalam berhubungan dengan RS Darmais.

“Saya dikirimin struk bukti pendaftaran online oleh Aldi, saudara lelaki Tina. Alhamdulillah Aldi sudah pintar, bisa daftar online. Hari ini dia membawa Tina kontrol ke dr Rian, spesialis bedah RS Datmais. Alfi juga sudah bisa berbahasa Indonesia,” terang Nani melalui WhatApps

Donasi dan informasi dapat mengubungi Duta Abulyatama Indonesia Cabang Tabalong Rek BRI 4595 0203 1645 531. Konfirmasi donasi Erlian Effendi Ilas telp/wa 085248496989, Dra Hayutun Nufus telp/wa 081349489164.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.