ACT

Jalani Operasi Pertama, Kondisi Tina Stabil

0 70

MASIH ingat dengan Tina (20), penderita tumor ganas pada wajahnya?
Warga Suput Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong yang menderita tumor ganas itu kini sudah menjalani operasi tahap pertama di Rumah Sakit Darmais, Jakarta. Operasi pertama yang dilakukan adalah pembuatan lubang nafas dan asupan makanan ke dalam tubuhnya.

KOORDINATOR  Gerakan Jumat Berkah,  Duta Abulyatama Indonesia (GJB – DAI) Tabalong, Erlina Effendi Ilas, mengatakan, Ratina atau Tina sudah menjalani perawatan sekitar 3 Minggu di Jakarta. Dua hari lalu telah menjalani operasi pertama di RS Darmais.

“Dua hari lalu sudah menjalani operasi tahap pertama untuk pembuatan jalan nafas dan asupan makanan. Secara medis, kondisi Tina cukup stabil dan dilakukan tindakan, setelah dua minggu dilakukan observasi  dan pemeriksaan,”  jelas Erlina.

Selama kurang lebih tiga minggu itu, Tina didampingi oleh relawan yang ditugasi DAI Tabalong. Mulai dari keberangkatan ke Jakarta hingga pendampingan selama proses mendapatkan pelayanan di Darmais. Semula menurut Erlina, yang juga adalah Komandan PPA Siaga Tabalong ini, relawan hanya mendampingi tiga hari saja.

“Kita estimasi tiga hari untuk pendampingan. Mulai dari mencarikan rumah sewa hingga registrasi ke RS Darmais. Hanya, karena pihak keluarga belum siap, relawan diperpanjang,” jelasnya.

Namun menurutnya, saat ini DAI sedang mengirim satu orang relawan pengganti. DAI Tabalong memberikan tugas kepada  Nani, mantan Kepala Desa di desa Tina tinggal  untuk menggantikan Hayatun Nufus dari DAI.

“Proses penyembuhan Tina masih akan panjang. Tina masih membutuhkan bantuan donasi  dari para dermawan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.