PAN Gabung Golkar Pilih Usung Duet Haris Makkie-H Yuni di Pilwali Banjarmasin

0

PARA petarung yang akan berlaga di pemilihan Walikota-Wakil Walikota (Pilwali) Banjarmasin 9 Desember mendatang, mulai terpetakan. Ini menyusul, Golkar sudah memastikan diri bakal mengusung duet Sekdaprov Kalsel Abdul Harris Makkie dan Ketua Umum Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Yuni Abdi Nur Sulaiman.

DPD Partai Golkar Kalsel mengklaim membawa gerbong besar koalisi dengan PAN, PKS, PDI Peruangan dan Nasdem. Total kursi yang dimiliki untuk mengusung duet Haris-Yuni sebanyak 26 kursi di DPRD Banjarmasin.

Belakangan, PKS membantah bahwa partainya mengusung pasangan Harris-Yuni. Lantas bagaimana sikap parpol lain?

Ketua DPD PAN Banjarmasin, Harry Wijaya membenarkan condong mengusung pasangan Harris-Yuni di Pilwali Banjarmasin pada Desember 2020 mendatang.

BACA : Hj Ananda Pilih Tutup Mulut, Golkar Ancam Copot Kader Tentang Pilihan Usung Haris-Yuni

“Sesuai dengan arahan dari DPW PAN Kalsel (H Muhidin), kami mendukung pasangan bakal calon Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin Abdul Harris Makkie-Yuni Abdi Nur Sulaiman,” ucap Harry kepada awak media di Banjarmasin, Kamis (2/7/2020).

Namun, ia mengungkapkan belum ada komunikasi politik yang intens antara DPD PAN Kota Banjarmasin dengan parpol lainnya, termasuk para kandidat yang akan bertarung di pilkada tersebut.

Ketua DPRD Kota Banjarmasin ini menyebut bahwa DPW PAN Kalsel telah menyampaikan komitmen mendukung pasangan Abdul Harris Makkie dan Yuni Abdi Nur Sulaiman.

“Kami berharap ada komunikasi antara DPD PAN Kota Banjarmasin dan pasangan calon tersebut, walaupun di tingkat wilayah, PAN sudah menyetujui pasangan tersebut,” ujar Harry Wijaya.

BACA JUGA : PAN-Nasdem Mengusung, Golkar Siap Deklarasikan Duet Paman Birin-Muhidin pada Agustus Nanti

Lalu bagaimana mekanisme pendaftaran bakal calon Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin? Harry menyebut PAN memang tidak membuka secara langsung bakal pasangan calon yang berlaga.

Dia mengatakan DPD PAN Banjarmasin telah merekomendasikan pasangan Makkie-Yuni ke DPP PAN di Jakarta melalui video conference. Bahkan, Harry menyebut dalam waktu dekat PAN akan mengirimkan SK ke pengurus pusat.

Meski tidak mengusung kader sendiri, Harry menilai PAN telah mempertimbangkan dengan matang atas keputusan partai berlambang matahari ini mendukung pasangan Harris-Yuni.

Dia mengakui memang ada kader PAN yang berminat maju di Pilwali Banjarmain pada Desember mendatang. Namun, dengan berbagai pertimbangan, akhirnya PAN memutuskan berbalik arah mendukung pasangan Harris-Yuni.

“Pada intinya, kalau kakmi melakukan hal demikian berarti kita ada konsekuensi dan komitmen.” timpalnya.

BACA JUGA : Bukan Hj Ananda, Golkar Resmi Usulkan Duet Haris Makkie-H Yuni di Pilwali Banjarmasin 2020

Harry mengatakan tidak menutup kemungkinan dukungan PAN akan berubah, seiring dengan pertimbangan peta kekuatan politik. “Namanya politik itu dinamis, tetapi mudah-mudahan sesuai dengan jalurnya,” tandasnya.

Sekadar mengingatkan, DPD Partai Golkar Kalsel telah mengusulkan untuk mengusung calon petahana, Gubernur Sahbirin Noor bersama mantan Walikota Banjarmasin yang juga Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin di Pilgub Kalsel 2020 mendatang.

BACA JUGA : Walikota Ibnu Sina Didukung Demokrat? PKS Bantah Klaim Sepihak Usung Haris-Yuni

Otomatis, agar satu komando dan jadi ‘barter politik’ maka jaringan di bawahnya harus sejalan dengan garis politik yang diambil wilayah.

Meski sebelumnya, nama Wakil Ketua DPRD Kalsel Hj Karmila Muhidin sempat mencuat sebagai bakal calon walikota yang akan didorong maju di Pilwali Banjarmasin 2020 mendatang. Namun, belakangan hal itu pupus, seiring dengan keputusan politik di tingkat elite yang menyokong duet Haris-Yuni.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.