DPRD Kalsel Berharap Usulan Paket Internet Gratis Bagi Pelajar Segera dDijawab

0

KOMISI IV DPRD Provinsi Kalsel meminta kepada pemerintah daerah untuk segera menjawab usulan penyediaan paket internet gratis bagi pelajar. Pasalnya, akses internet gratis sangat dibutuhkan pelajar lantaran perubahan praktik pembelajaran jarak jauh yang diterapkan oleh pihak sekolah.

“KAMI berharap sekitar satu pekan ini semua sudah ada jawaban karena ini sifatnya urgen, sektor pendidikan juga tidak kalah penting dengan kesehatan,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Kalsel M Luthfi Saifuddin, di sela Rapat Dengar Pendapat (RPD) bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, di Banjarmasin, Rabu (1/7/2020).

Menurut Lutfhi, Permintaan internet gratis ini merupakan usulan dari para orang tua pelajar sebagai salah satu antisipasi agar kegiatan belajar mengajar tidak berhenti di tengah kondisi pandemi. Selain itu, penyediaan internet gratis bagi pelajar ini juga dalam kondisi normal bisa lebih membiasakan anak didik terhadap teknologi.

BACA: DPRD Usulkan Paket Internet Gratis Guna Menunjang Pembelajaran Online

Namun, usulan yang sudah diajukan pada 16 Juni lalu hingga kini belum ada jawaban. Hingga hari ini, pemerintah provinsi Kalsel masih belum juga membahas anggaran sehingga dirinya sedikit merasa kecewa.

“Dalam rapat tadi kami minta 1 Minggu ini ada jawaban kepastian, jika tak kunjung juga maka Komisi IV akan bikin pansus,” tegas politisi Gerindra ini. 

Sementara itu, dalam menyikapi usulan Komisi IV terkait internet gratis ini, Plt Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, Roy Rizali Anwar menyatakan secepatnya akan merumuskan permintaan tersebut.

Pihaknya akan melibatkan para pakar yang berkompeten sekaligus meminta pendapat apakah penyediaan internet ini masuk dalam skala prioritas jika harus menggunakan anggaran penanganan Covid-19 ini.

“Ya nanti kita masukan pembahasan dengan melibatkan para pakar, karena kami tidak mau disalahkan apalagi ini terkait uang negara,” ucap Roy.

BACA: Belajar Online, Murid SDN Sampanahan Hilir Diajak Peduli Bahaya Covid-19

Kepala Dinas PUPR Kalsel yang menyandang gelar Insinyur Profesional Utama (IPU) ini pun mengapresiasi usulan tersebut dan menargetkan antara satu atau dua minggu nanti sudah ada hasilnya, apakah penyediaan internet gratis bagi pelajar ini bisa dianggarkan atau sebaliknya.

Roy juga menyatakan, jika nanti usulan internet gratis ini disetujui maka diharapkan ada keterlibatan dari pemerintah kabupaten dan kota di lingkungan Kalsel.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, HM Yusuf Effendi, turut mengapresiasi atas rekomendasi Komisi IV untuk tujuan peningkatan pendidikan dalam hal penyediaan internet, buku dan alat tulis.

BACA JUGA: Pemprov Kalsel Siapkan Dana Rp 56 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

Untuk buku bisa melalui anggaran lain nantinya karena siswa belum bisa belajar sekolah langsung. Sedang fasilitas internet dalam kondisi ini tentunya patut menjadi perhatian. Tetapi kembali kepada kemampuan keuangan daerah. “Jadi ini masih dibahas,” jelas HM Yusuf Effendi. (Jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.