Testimoni Penyintas Covid-19, Kapten Noor Ikhlas Berbagi Tips Supaya Cepat Sembuh

0

SIAPAPUN bisa saja terpapar Covid-19. Namun, tinggal bagaimana kita menghadapi serta mengatisipasinya, sehingga bisa berhasil melawan Corona.

TESTIMONI ini yang diungkap salah satu mantan penderita virus Corona yang kini sudah sembuh total setelah menjalani karantina dan perawatan intensif.

Adalah Kapten Inf Noor Ikhlas, Kepala Jasmani Korem (Kajasrem) 101/Antasari, Selasa (30/6/2020) kepada wartawan di Caffe 101 di Hutan Kota, Banjarmasin, menuturkan pengalaman pribadi.

Setelah dirinya dinyatakan positif Covid-19, dia pun dikarantina masuk pada 28 Mei di Balai Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Banjarbaru. Kemudian, baru pada 28 Juni 2020, dinyatakan sembuh serta mengantongi surat keterangan sehat.

BACA : Terbanyak Dari RSUD Ansari Saleh, Pasien Sembuh Covid-19 Kalsel Bertambah 39 Orang

“Jadi saya berhasil melawan Corona. Kita semua bisa melawan corona asalkan tetap menjaga kesehatan,” ucap Noor Ikhlas dalam penyampaian resmi dihadiri Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah.

Terkait gejala virus corona, anggota TNI ini memaparkan, pada mulanya, dirinya merasakan kurang nyaman pada kondisi badan. Usai lebaran, kurang enak badan ditambah hilangnya selera makan. Ia pun berinisiatif mengecek kesehatannya ke rumah sakit.

Kesimpulan dokter, Kapten Inf Ikhlas mengalami gejala ringan. Ada bercak putih di dalam tubuhnya. Sebagai penanganan awal, ia mengarantina diri secara mandiri di rumah.

BACA JUGA : Terbanyak Dari RSUD Ansari Saleh, Pasien Sembuh Covid-19 Kalsel Bertambah 39 Orang

Namun pada hari kedua bertepatan waktu Ashar, dada berdebar dan keluar keringat dingin, dan membatalkan shalat kemudian minum, dan kondisi terasa normal.

Tak sampai di situ, menjelang malam Kapten Inf Ikhlas pun masuk IGD. Cek awal masih sama, hanya tegangan darah yang lebih tinggi.

Satu jam kemudian, ia dinyatakan harus masuk isolasi. Tepatnya pada 28 Mei 2020. Dua hari kemudian ia menjalani rapid test lagi. Hasilnya memang reaktif. 

Tepat pada 1 Juni 2020, tes swab pun dilakukan. Dua hari kemudian, hasilnya menyatakan positif. Rumah Sakit meminta untuk menunggu hasil swab kedua dengan masih karantina.

BACA JUGA : Diyakini Berkhasiat, Minyak Kayu Putih Jadi Obat Alternatif Covid-19 Kini Diburu Masyarakat

Hasilnya, Kapten Inf Ikhlas memang positif Covid-19. Keluarganya di rumah pun juga melalui tes swab. Semuanya kemudian mengalami kenyataan serupa alias positif.

Selama karantina di BPSDM Banjarbaru, Kapten Inf Ikhlas merasa sangat terfasilitasi. Menurutnya, tidak perlu ragu untuk mengikuti anjuran pemerintah, karena selain fasilitas, secara nutrisi pun disiapkan maksimal.

Saat menjalani karantina, dirinya juga didaulat sebagai koordinator. Sebagai anggota TNI, dirinya merasa perlu membagikan semangat yang positif pada yang lainnya. termasuk meyakinkan bahwa pikiran yang positif adalah kuncinya kesembuhan.

“Hal penting, pendekatkan diri pada Sang Pencipta menurutnya adalah pilihan tepat untuk mendorong agar pikiran tetap positif,” kata penyintas Covid-19 ini.

BACA JUGA : Ketua IDI Kalsel : Terjangkit Corona Bisa Sembuh Sendiri, Asal Daya Tubuh Kuat

Sembuhnya penyakit akibat infeksi Covid-19 yang sempat diidap anggota TNI itu, turut menggembirakan Danrem 101/Antasasi Brigjen TNI Firmansyah. Dia meminta berita kesembuhan yang bersifat positif ini harus disebar luaskan.

“Jangan takut divonis positif. Memang tidak ada yang mau. Siapa saja bisa terpapar. Jika imun kita tinggi buktinya bisa sembuh sendiri. Ini artinya kita berhasil melawan Corona,” tegas jenderal bintang satu ini.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.